Peringatan Eyeliner Australia Terhadap Anak-anak yang Keracunan Timah

0
905

Tiga anak di Australia diduga jatuh sakit karena menggunakan eyeliner yang terkontaminasi dengan timah, kata pihak berwenang.

Pemerintah negara bagian New South Wales mengeluarkan peringatan kesehatan masyarakat atas produk-produk merek Hashmi buatan Pakistan.

Kosmetik kohl ditemukan mengandung timah 84%, serta logam berbahaya lainnya.

Produk itu diimpor secara legal tetapi mengandung kemasan berbahaya, kata pemerintah.

Dokter telah mengatakan kekhawatiran ketika mereka menemukan timbal dalam darah anak-anak, yang semuanya terkait.

“Investigasi mengindikasikan kekhawatiran kesehatan kemungkinan disebabkan oleh salah satu dari eyeliners merek Hashmi,” kata Matt Kean, menteri negara yang mengawasi regulasi.

Negara-negara lain sebelumnya telah mengeluarkan peringatan kesehatan tentang eyeliners merek Hashmi. Produknya dilarang untuk dijual di AS.

Hashmi Kohl Aswad dan Hashmi Surmi. Kosmetik khusus dijual di toko-toko khusus yang menjual barang-barang India dan Pakistan di Sydney, kata pihak berwenang.

“Beberapa kemasan produk bahkan secara khusus menyatakan bahwa tidak ada timbal yang hadir, yang merupakan aib,” kata Kean.

Warga Australia disarankan untuk berhenti menggunakan produk tersebut. Masalah ini akan diperiksa lebih lanjut oleh Angkatan Perbatasan Australia.

Selain timah, kosmetik juga mengandung kadar arsenik, kadmium, kromium dan merkuri yang tinggi, kata pihak berwenang.

Bahkan tingkat paparan timah yang rendah dapat memiliki efek kesehatan jangka panjang, seperti kerusakan otak dan ginjal.

Timbal digunakan dalam make-up sejak zaman kuno, termasuk dalam kohl – kosmetik mata tradisional yang digunakan di banyak bagian dunia.

Perusahaan yang melanggar standar kesehatan wajib menghadapi hukuman hingga A$ 1,1 juta (£ 600.000; $ 800.000), kata pemerintah New South Wales.