Elon Musk Ingin Tesla Jadi Perusahaan Tertutup

0
75
Elon Musk. (Foto: REUTERS/Joe Skipper)
Elon Musk. (Foto: REUTERS/Joe Skipper)

CEO Tesla Elon Musk sedang mempertimbangkan untuk merubah perusahaan menjadi tertutup. Pemikiran tersebut dia cuitkan dalam laman Twitternya.

“Saya mempertimbangkan untuk mengambil Tesla dengan nilai US$420 (per saham). Pendanaan dijamin,” cuitnya.

Cuitan tersebut mengundang media massa dan membuat nilai saham Tesla langsung naik lebih dari enam persen. Dilansir dari Reuters, jika dia benar-benar akan membuat Tesla go-private dengan nilai saham US$420, maka transaksi tersebut akan menjadi salah satu yang terbesar.

Saat ini, saham Tesla yang beredar sekitar 22,8 persen dan menjadikannya salah satu transaksi go-private terbesar dengan banderol harga sekitar US$72 miliar.

Cuitan Musk mengundang tanya pengikutnya di Twitter. Salah satu bertanya apakah Musk serius, dan Musk merespon dengan:

“Ya.. Ini akan menghemat banyak sakit kepala,” cuitnya.

Saham Tesla melonjak menjadi US$362,74 dalam perdagangan sore. Perusahaan ini memiliki nilai pasar US$58 miliar pada penutupan Senin. Musk memiliki hampir 20 persen perusahaan.

Musk telah berada di bawah tekanan kuat tahun ini untuk membuktikan bahwa ia dapat memenuhi janjinya untuk mengubah perusahaan penghasil uangnya menjadi produsen bervolume tinggi yang menguntungkan, sebuah tujuan yang telah menopang saham Tesla dan menghasilkan nilai pasar yang lebih tinggi daripada Jenderal. Motor Co.

“Saya yakin Tesla menganggap Tweet sebagai pengungkapan publik. Saya pikir dia serius. “kata analis Chaim Siegel dari Elazar Advisors.

Tesla sendiri melantai di bursa saham pada 29 Juni 2010.

(Reuters/age)Elon Musk. (Foto: REUTERS/Joe Skipper)