Karyawan Google Mengkritik Mesin Pencari China

0
1100

Ratusan karyawan Google telah menulissuratkepada perusahaan untuk memprotes rencana peluncuran “censored search engine” di China.

Mereka mengatakan proyek itu menimbulkan pertanyaan moral dan etika dan mendesak perusahaan untuk lebih transparan.

“Saat ini kami tidak memiliki informasi untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang pekerjaan kami,” tambah mereka.

Google, yang tidak pernah berbicara secara terbuka tentang rencana tersebut, menolak berkomentar.

Perusahaan, yang dimiliki oleh Alphabet, mundur dari China delapan tahun lalu sebagai protes terhadap undang-undang sensor negara dan dugaan peretasan pemerintah.

Namun, laporan bulan lalu telahmengklaimperusahaantersebut secara diam-diam bekerja pada layanan pencarian China baru, yang disebut secara internal sebagai Dragonfly.

Platform yang masih membutuhkan persetujuan pemerintah China itu akan memblokir situs web tertentu dan istilah pencarian seperti hak asasi manusia dan agama.

Hal ini telah membuat marah beberapa karyawan yang khawatir mereka secaratidak sadar sedang mengerjakan teknologi yang akan membantu China menekan kebebasan berekspresi.

Dalam surat mereka, yang dibagikan di berbagai media, mereka juga membantah akan melanggar peraturan “jangan berbuat jahat” dalam kode etik Google.

“Kami sangat membutuhkan lebih banyak transparansi dan komitmen untuk proses yang jelas dan terbuka: Karyawan Google perlu tahu apa yang kami bangun,” kata surat itu.

Ini bukan pertama kalinya karyawan Google berbicara menentang keputusan perusahaan.

Pada bulan April, ribuan staf mengkritik pekerjaannya pada program militer AS yang mengembangkan kecerdasan buatan untuk drone.

Google telah mengakhiri kontrak AI dengan Pentagon.

Cina memiliki penggunainternet terbesar di dunia, tetapi perusahaan teknologi AS telah berjuang untuk masuk ke China karena pembatasan konten dan pemblokiran.

Facebook, Google, Twitter dan Instagram semuanya dilarang, meskipun Google masih memiliki tiga kantor di negara tersebut.