Pesan Gmail Kini Bisa Hilang Otomatis dan Tarik Pengiriman

0
70

Google meluncurkan fitur mode “Rahasia” (confidential mode) pada aplikasi Gmail minggu ini. Dengan mode ini, pengguna bisa melenyapkan email yang terkirim setelah kondisi atau batas waktu tertentu. Misal surel bisa hilang setelah empat jam dikirimkan.

Tak cuma menghilang sendiri, pengirim juga bisa mencabut akses surel terhadap penerima. Pengirim juga bisa mencegah agar email tidak diteruskan (forward), dikopi, dicetak, ataupun diunduh.

Dengan adanya fitur ini, diharapkan pengirim bisa mencegah agar email itu tidak dibaca oleh orang yang salah.

Tapi, sepertinya Google belum memikirkan cara mencegah ketika pesan ditangkap layar (screenshot) oleh pengguna. Mereka juga belum memikirkan agar pesan dikirm dengan enripsi end-to-end seperti yang dilakukan WhatsApp.

Sisi buruknya, email ini mungkin saja sudah hilang ketika penerima belum sempat membacanya. Sebab, fitur ini tidak menyediakan fitur agar email hilang setelah dibaca pengguna.

Sebelumnya, Google telah mengumumkan fitur baru untuk menarik email yang sudah terkirim. Fitur “Undo” ini tak hanya bisa dinikmati oleh pengguna desktop tapi juga pengguna aplikiasi Gmail di smartphone.

Untuk fitur Undo, pengguna bisa menarik lagi email yang mereka kirim ketika email masih dalam proses pengiriman. Ketika layar menunjukkan tulisa “Sending” atau “Mengirimkan”, akan muncul layar yang menunjukkan tombol Undo selama 10 detik.

Jadi pengguna hanya punya 10 detik untuk membatalkan pengiriman pesan itu. Jika email sudah terkirim, pesan tak lagi bisa ditarik. Sementara untuk fitur “Rahasia”, pengguna bisa menarik kembali email yang sudah terkirim, seperti dilansir dari Soft Tonic.

Satu hal lagi, fitur ini hanya berlaku jika pengguna mengirimkan email kepada sesama pengguna Gmail. Jika mereka menggunakan platform lain seperti Yahoo, Live, atau lainnya, fitur-fitur ini tak akan berfungsi, demikian ditulis Quartz.

Berdasarkan penelusuran CNNIndoensia.com, sepertinya kedua fitur ini belum tersedia bagi pengguna di Indonesia, baik di desktop, Android, maupun iOS.