Protes Bobi Wine: Tentara Uganda Menyesal Karena Memukuli Wartawan

0
838

Tentara Uganda telah membuat permintaan maaf setelah tentara tertangkap terekam dalam videomemukuli seorang wartawan yang sedang meliput demonstrasi mendukung anggota parlemen yang ditahan, Bobi Wine pada hari Senin.

Wartawan lain juga dipukuli saat mereka melaporkan demonstrasi.

Ada ketegangan politik di Uganda setelah Wine, dan empat anggota parlemen oposisi, ditangkap pekan lalu.

Wine, yang adalah seorang musisi terkenal sebelum terpilih menjadi anggota parlemen independen tahun lalu, memimpin gerakan besar pertama melawan Presiden Yoweri Museveni bersamapara pemuda, kata wartawan BBC Catherine Byaruhanga.

Kebanyakan rakyat Uganda saat ini belum lahir ketika Mr Museveni mulai berkuasa pada 1986.

Sebelumnya, Human Rights Watch yang bermarkas di New York meminta polisi dan militer Uganda untuk menghentikan serangan terhadap media dan menghormati hak semua pengunjuk rasa.

Dalam rekaman yang dibagikan secara online, wartawan Reuters James Akena terlihat dipukuli dengan tongkat oleh dua tentara di sebuah jalan di ibukota, Kampala.

Pukulan terus berlanjut bahkan setelah Tuan Akena mengangkat tangannya dan jatuh berlutut.

“Perilaku polisi atau petugas keamanan tidak pernah seperti ini, jadi sulit untuk mengatakan mengapa kali ini mereka melakukan ini,” kata Akena kepada BBC Focus di radio Afrika.

Pada hari Senin satu orang terbunuh dan lebih dari 100 orang ditangkap.

Human Rights Watch mengatakan pemukulan dan penangkapan jurnalis adalah bukti bahwa pihak berwenang Uganda ingin menutupi perilaku pasukan keamanan.

Dalam sebuah pernyataan, tentara mengatakan mereka berkomitmen untuk memiliki “kemitraan yang kuat” dengan para jurnalis.

Wine, yang nama aslinya adalah Robert Kyagulanyi, tetap dalam tahanan dan akan muncul di hadapan pengadilan militer pada hari Kamis dengan tuduhan memiliki senjata api yang tidak sah.

Keluarganya menuduh dia telah diserang dengan kejam, tetapi militer, yang memegang MP, menyangkal ini.

Presiden Museveni telah menepis laporan bahwa Wine menderita luka serius sebagai “berita palsu”.