TELITI PRODUK PERAWATAN KULIT BAYI SEBELUM MEMBELI

0
964

Membeli produk perawatan kulit bayi yang aman merupakan prioritas seorang ibu. Selain itu, mengingat kulit bayi masih sangat sensitif terhadap lingkungan, ibu juga perlu mengetahui jenis produk yang dibutuhkan agar kulit bayi tetap sehat.


Perawatan kulit pada bayi terutama ketika baru lahir seringkali dapat membingungkan. Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif dan mudah mengalami iritasi. Sehingga kemungkinan terjadinya reaksi alergi adalah yang paling umum menjadi bahan pertimbangan. Sebaiknya menghindari produk perawatan kulit bayi yang menggunakan pewarna dan pewangi.
Untuk keseluruhan produk perawatan kulit, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian ketika akan membeli.

  • Baca label produk dengan cermat
    Umumnya produk perawatan kulit bayi yang mengandung pewarna, pewangi, dan bahan kimia lainnya dapat mengiritasi kulit dan pernafasan bayi.
  • Produk perawatan kulit yang menggunakan bahan alami lebih aman untuk bayi
    Namun, jika seseorang memiliki riwayat alergi atau asma dalam keluarga, maka kemungkinan bayi juga akan sensitive terhadap bahan alam dalam beberapa produk.
  • Jangan terkecoh dengan label “hypoallergenic”
    Hypoallergenic merupakan istilah yang digunakan untuk menerangkan bahwa produk cenderung tidak menyebabkan reaksi alergi. Namun, bukan berarti produk tidak lebih keras daripada produk lain.
  • Pilihlah produk yang bebas phthalate dan paraben
    Kedua bahan kimia tersebut tidak aman digunakan bagi bayi

Apakah produk perawatan kulit yang dibutuhkan oleh bayi?
Terdapat bermacam-macam jenis produk perawatan kulit bayi. Setiap jenis produk memiliki fungsi yang berbeda.

  • Sabun bayi atau shampoo
    Pilihlah produk pembersih dan pencuci yang ringan dana man untuk bayi yang baru lahir. Hindari menggunakan sabun bayi terlalu banyak karena dapat mengeringkan kulit pada bayi yang baru lahir.
  • Baby lotion atau losion bayi
    Produk ini dapat membantu melembabkan kulit bayi terutama pada bayi yang baru lahir.
  • Petroleum jelly
    Dapat digunakan untuk mengobati ruam popok. Produk ini dapat menjadi pelindung dari popok.
  • Salep ruam popok
    Melindungi kulit bayi yang baru lahir dari iritasi karena popok basah.
  • Minyak bayi
    Minyak ini dapat digunakna untuk memijat namun bukan sebagai pelembab karena kulit pada bayi baru lahir susah menyerap.
  • Deterjen untuk baju bayi
    Hindari deterjen bayi yang memiliki pewarna dan pewangi. Deterjen yang biasa digunakan umumnya terlalu kasar sehingga kemungkinan dapat mengiritasi kulit bayi.
  • Bedak bayi
    Hindari penggunaan bedak yang mengandung talk dan hindari menggunakan pada wajah bayi. Bedak dapat memicu terjadinya masalah pernafasan.

Bagaimana cara merawat kulit bayi dengan tepat?

  • Mandi hanya jika diperlukan
    Untuk menghindari iritasi dan kering pada bayi, maka hanya membutuhkan tiga kali seminggu. Tetapi juga perlu disesuaikan dengan kondisi musim, kelembapan, dan seberapa aktif. Hingga tali pusat terlepas, maka spons mandi yang dapat digunakan pada bayi yang baru lahir adalah menggunakan lap bersih dan lembap. Fokus membersihkan adalah pada lipatan ketiak, leher, lutut, belakang telinga, jari kaki dan alat kelamin.
  • Mengganti popok lebih sering
    Sebagian besar ruam popok terjadi ketika bayi terlalu lama menggunakna popok kotor. Untuk mencegah terjadinya lecet dapat digunakan krim popok setiap kali mengganti popok. Untuk bayi yang mudah mengalami radang maka sebaiknya menggunakan popok sekali pakai.
  • Menggunakan pelembab kulit
    Pelembab mungkin tidak diperlukan untuk bayi dengan kulit normal, namun beberapa ahli masih merekomendasikan untuk menggunakan setiap hari. Jika kulit bayi kering, maka perlu dilembabkan seperti memberikan pelembab dua kali sehari atau setelah setiap penggantian popok.
  • Menghindari pemaparan sinar matahari secara langsung
    Pemaparan sinar matahari secara langsung pada anak-anak dapat meningkatkan resiko kanker kulit di kemudian hari terutama pada bayi. Jika harus keluar rumah maka dapat menggunakan pakaian dengan lengan panjang.