5 Momen Penting Sejarah Perjalanan Android

0
40

Selama sepuluh tahun terakhir, Android berkembang dari sistem operasi yang hanya menggerakkan ponsel HTC Dreams, menjadi sistem operasi yang disebut-sebut menggerakkan 85 persen ponsel pintar di seluruh dunia.

Dalam sepuluh tahun perjalanannya, terdapat sejumlah peristiwa penting yang membawa perubahan signifikan terhadap sistem operasi tersebut. Dilansir dari TechRadar, berikut adalah lima momen penting dalam sejarah perjalanan Android.

1. Peluncuran ponsel Android pertama (2008)

Ponsel pintar pertama yang bergerak di atas sistem operasi Android adalah HTC Dream atau yang dikenal juga sebagai T-Mobile G1, yang dirilis pada 23 September 2008. Ia dibekali dengan grafis yang bisa dikostumisasi, Android Market, dan terintegrasi dengan layanan Google seperti Gmail.

HTC Dreams memiliki layar berukuran 3,17 inci, track ball untuk mengendalikan kursor, dan keyboard fisik yang dapat diakses dengan cara menggeser layar.

Meski secara desain ia dianggap kalah jauh dari iPhone milik Apple yang juga baru dirilis setahun sebelumnya, ponsel Android pertama ini berhasil menembus angka 1 juta penjualan dalam 6 bulan pertama.

2. Pembukaan Android Market

Saat peluncuran iPhone 3G pada Juli 2008, Apple juga merilis App Store yang merupakan toko daring di mana para pengguna iPhone bisa membeli atau mendapatkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga.

Sekitar tiga bulan kemudian, tepatnya pada Oktober 2008 Android Market yang merupakan versi pertama dari Google Play Store juga dibuka untuk publik.

Selain aplikasi dan gim, pengguna juga dapat membeli perangkat keras di sana. Namun, hal ini sudah tidak berlaku lagi sejak Google memperkenalkan Google Store resmi pada 2015 silam.

3. Perilisan Nexus One, ponsel pertama besutan Google (2010)

Jauh sebelum kesuksesan ponsel-ponsel Pixel sekarang, Google pernah mencoba memproduksi ponsel dan tablet dengan nama Nexus.

Ponsel pertamanya, Nexus One yang dirilis pada awal 2010 merupakan hasil kolaborasi antara Google dan HTC. Pengguna yang membelinya akan langsung mendapatkan versi terbaru dari Android.

Setelah itu, Google juga bekerja sama dengan Samsung untuk ponsel Nexus S yang disusul oleh Galaxy Nexus. Ponsel Nexus 4 dan Nexus 5 pun menyusul di belakangnya, sebagai hasil kerja sama antara Google dan LG. Namun kini lini produk Nexus sudah berganti menjadi Pixel.

4. Perangkat Samsung Galaxy S pertama dirilis (2010)

Saat ini, Samsung adalah perusahaan pembuat ponsel pintar terbesar di dunia. Namun, pada masa peluncuran iPhone generasi pertama, seakan tak ada produk lain yang dapat mengalahkan ponsel besutan Apple itu.

Samsung beberapa kali memproduksi proto-smartphone, dan pada 2009 juga sempat merilis ponsel Android pertamanya, Galaxy i7500. Tidak ada satu pun dari sejumlah ponsel tersebut yang dianggap berhasil.

Walau demikian, perusahaan asal Korea Selatan itu mulai melihat potensi Android, sehingga ia meluncurkan ponsel seri Galaxy S pertama pada 2010. Saat Galaxy S2 dirilis setahun setelahnya, Samsung telah dipandang sebagai pembuat utama ponsel Android di mata banyak orang.

5. Android masuk ke lini jam tangan pintar (2014)

Google memutuskan untuk masuk ke pasar jam tangan pintar (smartwatch) pada 2014 dengan peluncuran Android Wear yang pertama kali digunakan pada LG G Watch, kemudian disusul oleh Samsung Gear Live dan Moto 360.

Pada Maret 2018, Google mengganti nama Android Wear menjadi Wear OS yang saat ini dapat ditemukan pada sejumlah merek jam tangan kelas atas seperti Diesel, Hugo Boss, Louis Vuitton, Tag Heuer, dan Tommy Hilfiger.

Sumber : CNN [dot] COM