Cara mengecek ban yang Kedaluwarsa

0
76

Sebenarnya cara mengecek ban yang sudah keluarsa sangat mudah. Ban kedaluwarsa bukan terlihat dari bannya yang sudah gundul atau apa, tapi dari tanggal produksinya sudah melewati batas atau belum.

Pada umumnya pengkodean expired day ditulis dengan empat digit yaitu 2 angka didepan sebagai pekan dan yang belakang sebagai tahun. contoh apabila ada tulisan 2018 bearti pekan ke 20 tahun 2018.

Eka menjelaskan ban akan kedaluwarsa bila berusia lima tahun setelah diproduksi. Maka itu penting buat konsumen mengecek kode produksi saat membeli ban baru.

Jangan sampai ban yang sudah terlalu lama disimpan dealer yang dibeli. Bila seperti itu konsumen rugi karena masa pakai ban jadi lebih pendek.

Selain kode produksi, Eka juga menjelaskan umur ban bisa dideteksi lewat pengecekan fisik. Ban kedaluwarsa disebut permukaannya retak-retak atau karetnya telah mengeras.

“Kalau ini mungkin kalau orang awam agak susah ya. Tapi ini penting untuk diperhatikan karena apa-apa kan ban itu berhubungan dengan keselamatan pengendara,” ujarnya.