Emir Qatar Memberikan Jet Pribadi Seharga $ 500 Juta ke Turki

0
828

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan telah diberikan jet senilai sekitar $ 500 juta (£ 380m) oleh emir Qatar.

 

Mr Erdogan mengatakan Sheikh Tamim Al Thani telah menyumbangkan Boeing 747-8i ke negara Turki setelah mendengar bahwa mereka tertarik untuk membelinya.

 

Anggota parlemen oposisi telah menyatakan keprihatinan bahwa presiden menggunakan uang pembayar pajak untuk membeli jet disaat negara tersebut tengah berjuang untuk mencegah krisis keuangan.

 

Boeing 747-8i dideskripsikan oleh situs web The Drive sebagai jet pribadi terbesar dan termahal di dunia ketika dijual bulan lalu.

 

Di dalam pesawat jet tersebut terdapat ruang duduk, ruang duduk, ruang rapat, ruang duduk kelas satu, dan bahkan rumah sakit.

 

Setelah jet tersebut mendarat di Turki pekan lalu, seorang anggota parlemen oposisi mengajukan pertanyaan kepada Wakil Presiden Fuat Oktay untuk mengungkapkan apakah itu telah dibeli oleh negara.

 

Berbicara kepada wartawan yang terbang bersamanya dari Azerbaijan ke Turki pada akhir pekan, Erdogan mengatakan bahwa emir Qatar telah memberikan pesawat itu sebagai hadiah setelah mengetahui bahwa pemerintah Turki telah menyatakan minatnya untuk memiliki jet tersebut.

 

“Dia mengatakan: ‘Saya tidak akan mengambil uang dari Turki. Saya memberikan ini sebagai hadiah untuk Turki’,” kata presiden mengutip ucapan Sheikh Hamad.

 

Mr Erdogan mengatakan kepada wartawan bahwa pesawat itu dicat ulang, ia menambahkan: “Insya Allah, kita dapat melakukan perjalanan dengan itu ketika semua sudah selesai dicat ulang.”

 

Bulan lalu, emir Qatar menyetujui paket proyek ekonomi, investasi dan deposito senilai $ 15 milyar (£ 11.4bn) untuk mendukung ekonomi dan mata uang Turki.

 

Lira Turki telah kehilangan hampir 40% nilainya terhadap dolar tahun ini, didorong oleh kekhawatiran atas pengaruh Erdogan pada kebijakan moneter dan perselisihan diplomatik dengan Amerika Serikat.