Menjajal Fitur Nokia 6.1 Rasa Android

0
86
Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick
Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick

Nokia kembali menjajal pasar ponsel pintar dengan sistem operasi Android.

HMD Global mengenalkan Nokia 6.1 Plus sebagai ponsel dengan sistem operasi Android One. Ponsel ini akan mengusung sistem Android ‘murni’. Ponsel ini menjadi versi global dari Nokia X6 yang telah terlebih dahulu meluncur di China.

Dibanderol dengan harga Rp3,4 juta, Nokia 6.1 Plus hadir dengan bentang layar 5,8 inci dengan panel HD+. Bentang layar ini memiliki body to ratio 81,4 persan dan aspek rasio 19:9 denga warna 96 persen. Memberikan kesan kekinian, ponsel ini memiliki poni (notch).

Nokia 6.1 Plus dibekali RAM berkapasitas 4GB dan ROM 64GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 400 GB. Slot kartu hybrid, artinya konsumen harus mengorbankan salah satu dari nomor ponsel kedua atau microSD.

Dari dapur pacu, Nokia 6.1 Plus dibenamkan cipset Qualcomm Snapdragon 636. Cipset ini diklaim memberikan kinerja 40 persen lebih cepat dibandingkan cipset generasi sebelumnya.

“Qualcomm berikan 40 persen performa lebih cepat. 50 persen daya konsumsi yang lebih rendah ketika mendengarkan musin dan video berkursng 40 persen penggunaan daya baterai,”kata Head of Product Marketing HMD Global Wayne Tang di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/9).

Menilik segi fotografi, Nokia 6.1 Plus disenjatai kamera belakang ganda 16 MP dan 5 MP. Fitur terpenting ada di bagian kamera swafoto beresolusi 16 MP, pengguna bisa menggunakan fitur Bothie sehingga kamera depan secara bersamaan.

Kamera depan dan belakang bisa menggunakan fitur bokeh yang diperlengkap dengan sensor depth sensing agar bisa menghasilkan bokeh yang natural.

Soal daya baterai, Nokia 6.1 Plus dibekali baterai berkapasitas 3.060mAh dengan port USB type C dan dukungan fast charging. Diklaim fast charging ini bisa mengisi 50 persen daya baterai dalam waktu 30 menit.

“Desain 90 persen ditutup kaca Karena kecantikan finishingnya. Dan aluminium untuk ketahanan yang bagus dan extreme toleran dengan bengkok dan tidak berat. Tebal ponsel 8 mm,” kata Wayne.

Saat ini, Android One berjalan dengan Android Oreo, perangkat ini nantinya mendukung pembaruan ke Android Pie. Nokia 6.1 Plus diklaim terasa baru seiring dengan adanya patch keamanan bulanan selama tiga tahun, dan pembaruan OS yang dijamin selama dua tahun setelah peluncuran.