Penamaan Jalan Mustafa Badreddine di Lebanon Memicu Kemarahan

0
824

Penamaan jalan di ibukota Lebanon, Beirut, nama seorang komandan militer terakhir dari gerakan Hizbullah telah memicu pertikaian politik.

 

Mustafa Badreddine, menjadi nama jalan di pinggiran Ghobeiry, diduga telah mendalangi pembunuhan mantan Perdana Menteri Rafik Hariri pada tahun 2005.

 

Jalan itu sendiri mengarah ke Rumah Sakit Universitas Rafik Hariri.

 

Anak Hariri, Saad, perdana menteri saat ini, menyebut langkah itu sebagai penamaan yang kurang tepat.

 

Nama jalan itu diubah hanya beberapa hari setelah  PBB mengadakan Special Tribunal for Lebanon (STL) mulai mendengar argumen penutupan dalam persidangan absentia empat orang lainnya terkait dengan Hizbullah yang dituduh berada di balik pemboman mobil yang menewaskan Rafik Hariri dan 21 orang lainnya.

 

Hizbullah membantah terlibat dalam pembunuhan itu.

 

Setelah menghadiri persidangan di Den Haag pekan lalu, Saad Hariri mengatakan dia yakin keadilan akan menang dan bahwa pembunuh ayahnya akan bertanggung jawab.

 

Namun dia juga menekankan bahwa dia akan berperilaku sebagai pejabat yang memiliki tanggung jawab untuk melindungi negara dan rakyat Lebanon bahkan jika sebuah kelompok dalam pemerintah persatuan nasional yang dia coba bentuk sejak pemilihan Mei terlibat.

 

Kementerian Dalam Negeri mengatakan pihaknya telah meminta agar nama jalan dihapus.

 

Tetapi kotamadya di Ghobeiry, di mana dukungan untuk Hizbullah kuat di antara penduduk, telah bersikeras bahwa perubahan nama itu “normal dan sah”.

 

Dikatakan bahwa pihaknya menginformasikan kementerian kepindahan itu pada Juni 2017, dan bahwa kementerian tidak menyatakan keberatan dalam waktu satu bulan, seperti yang disyaratkan oleh undang-undang.

 

Badreddine – yang dituduh sebagai teroris oleh Amerika Serikat – terbunuh pada tahun 2016 di Suriah, di mana ia diyakini telah memimpin unit-unit Hezbullah berjuang untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad.

 

Dia juga diduga terlibat dalam pengeboman Korps Marinir AS dan bom-bom Perancis di Beirut pada bulan Oktober 1983 yang menewaskan 305 orang, dan pemboman kedutaan besar AS dan Prancis di Kuwait pada bulan Desember 1983.