Qualcomm Tuduh Apple Curi Rahasia Cip Bantu Intel

0
29

Qualcomm Inc. menuduh Apple Inc. mencuri rahasia perusahaan untuk membantui Intel Corp meningkatkan kualitas cip.

Qualcomm menuduh Apple telah melanggar kontrak lisensi perangkat lunak dengan membagikan detail rahasia tentang cip Qualcomm dengan insinyur Intel. Chip modem yang disediakan Qualcomm untuk iPhone, yang membantu perangkat terhubung ke jaringan data nirkabel. Dimulai dengan iPhone 7, namun, Apple mulai menggunakan cip modem Intel dalam beberapa modelnya.

Dilansir dari Reuters, tuduhan tersebut telah dibuat dalam arsip hukum. Namun, Apple menolak berkomentar menanggapi hal ini.

Bulan lalu, Apple menuduh bahwa Qualcomm menolak untuk menjawab pertanyaannya tentang informasi rahasia spesifik apa yang secara tidak sah dibagi dengan Intel. Apple juga menuduh pada saat itu telah memberi Qualcomm kesempatan untuk memverifikasi bahwa perangkat lunak Qualcomm telah digunakan dengan benar.

Intel, yang tidak disebutkan sebagai tergugat dalam gugatan Qualcomm, tidak berkomentar.

Qualcomm mengatakan kepada para investor pada Juli bahwa chip modemnya benar-benar dihapus dari generasi terbaru iPhone yang dirilis bulan ini, meninggalkan Intel sebagai pemasok tunggal.

Dahulu, ketika Apple menggunakan modem Qualcomm, perusahaan menyediakan akses ke perangkat lunak rahasia untuk membantu Apple mengintegrasikan modem ke iPhone.

“Faktanya, ini tampaknya meningkatkan cipset Intel ke titik di mana Apple memutuskan untuk mengalihkan beberapa bisnis berbasis Apple Qualcomm ke Intel,” tulis Qualcomm dalam arsipnya.