Warga Tiongkok Ditangkap Karena Memata-matai Insinyur AS

0
59
Man in Fedora and Raincoat

Seorang pria China telah ditangkap karena diduga memata-matai para insinyur dan ilmuwan AS atas nama Beijing, kata jaksa AS.

 

Ji Chaoqun, 27, ditangkap di Chicago dan didakwa sebagai agen asing ilegal di AS, menurut kantor jaksa AS.

 

Ji datang ke AS pada 2013 untuk mempelajari teknik elektro dan terdaftar di Cadangan Angkatan Darat AS pada tahun 2016.

 

Ji dituduh bekerja untuk seorang perwira intelijen tingkat tinggi yang tidak disebutkan namanya, menurut pengaduan pidana yang diajukan di pengadilan Chicago.

 

Jaksa penuntut mengatakan dia menargetkan warga negara China lainnya yang bekerja sebagai insinyur dan ilmuwan, beberapa di antaranya adalah kontraktor pertahanan AS, untuk perekrutan potensial.

 

Dia tiba dari Beijing pada Agustus 2013 dengan visa pelajar dan belajar di Illinois Institute of Technology di Chicago. Ia kemudian meraih gelar Master di bidang teknik elektro pada tahun 2015.

 

Mr Ji bertugas di Cadangan Angkatan Darat AS pada tahun 2016 dan “secara khusus membantah memiliki kontak dengan pemerintah asing dalam tujuh tahun terakhir” ketika ia mendaftar melalui program khusus untuk imigran yang dikenal sebagai Aksesi Militer Vital untuk Kepentingan Nasional (Mavni).

 

Dia kemudian gagal mengungkapkan hubungannya dengan perwira intelijen yang bersangkutan selama wawancara dengan seorang perwira Angkatan Darat AS, kata jaksa.