RI Masuk 10 Besar Kunjungan Pariwisata Terbaik Dunia 2019

0
893

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku bangga atas masuknya Indonesia dalam kunjungan terbaik pariwisata pada 2019.

Peringkat yang diberikan Lonely Planet edisi 2018 itu akan menambah kunjungan wisman ke Indonesia dikarenakan Lonely Planet merupakan buku panduan perjalanan dan penerbit media digital terbesar di dunia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan terima kasihnya atas penghargaan yang didapatkan pada pekan ini.

“Media yang salah satu produk majalah terbarunya berjudul ‘Best Travel 2019’ itu menjadi #BestSeller dengan cover Pura Ulun Danu Bali. Latar belakangnya menggambarkan kesejukan langit biru, pegunungan dan kabut putih. Serta kedamaian foto refleksi pura dari pantulan permukaan air,” kata Arief dalam keterangan tertulis, Jumat (26/10).

Arief menilai keputusan Lonely Planet menempatkan Indonesia menempati peringkat ke-7 dari 10 teratas sudah dikurasi dengan standar  dunia.

“Kita bukan bangsa pecundang. Ini juga mengkonfirmasi bahwa natural resources dan cultural resources kita memang selalu di top 20 dunia versi TTCI Travel Tourism Competitiveness Index dari World Economic Forum,” tuturnya.

Data Lonely Planet menyatakan bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk 10 besar kunjungan pariwisata. Nama Thailand dan Malaysia yang selama ini menjadi pesaing bahkan tak muncul di 10 besar.

Alasan Lonely Planet

Lonely Planet menyatakan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Indonesia menjadi alasan dipilihnya negara ini masuk dalam daftar mereka.

“Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau, terdiri dari beragam budaya, kuliner dan agama. Semua membentang antar pulau, menawarkan segudang pengalaman,” tulis Lonely Planet.

Tak hanya itu, Lonely Planet juga menuliskan kondisi terakhir Indonesia yang sempat terkena musibah gempa dengan menuliskan bahwa Indonesia adalah negara yang aman untuk dikunjungi.

“Gempa baru-baru ini terjadi di beberapa bagian Indonesia yang berada di lintasan Ring of Fire. Respons atas bencana alam masih dilakukan, tapi negara ini tetap aman bagi para wisatawan,” lanjut media tersebut.

Tidak hanya kondisi Indonesia yang menjadi sorotan. Kebijakan pemerintahannya memberikan akses Bebas Visa Kunjungan (BVK) untuk 169 negara di dunia, juga mendapatkan pujian.

Pihak Lonely Planet mengimbau semua orang untuk segera berlibur ke Indonesia dengan menuliskan ‘Pergilah sekarang ke Indonesia, sebelum semua rahasianya terekspose’.

Diketahui, Sri Lanka menempati peringkat pertama di deretan kunjungan pariwisata tersebut, diikuti Jerman dan Zimbabwe pada posisi 2 dan 3. Sedangkan peringkat 4, 5, 6, diduduki Panama, Kyrgyzstan dan Yordania.

Indonesia berada di peringkat ke-7, di atas Belarusia, Sao Tome and Principe serta Belize yang dipilih pada peringkat 8, 9, dan 10.

Sumber : CNN [dot] COM