Konsulat Cina di Pakistan Diserang, Dua Polisi Tewas

0
731

Sebanyak dua polisi tewas dan seorang petugas keamanan luka-luka dalam serangan bersenjata terhadap Konsulat Cina di Kota Karachi, Pakistan, Jumat (23/11).

Sejumlah laporan menyebutkan empat pria bersenjata mencoba menerobos masuk konsulat namun dihentikan oleh para petugas keamanan di pos pemeriksaan.

Suara tembakan terdengar pukul 09.30 waktu setempat di luar gedung konsulat, menurut kepolisian.

Adapun beberapa saksi mata dilaporkan menyaksikan ledakan dan beberapa stasiun televisi lokal menayangkan gambar kepulan asap.

Dalam baku tembak, tiga penyerang tewas dibunuh polisi. Sedangkan semua staf konsulat aman berada di dalam gedung.

Sesaat setelah kejadian itu, anggota polisi dikerahkan ke lokasi dan daerah sekitar gedung konsulat ditutup untuk umum.

Kelompok separatis Tentara Pembebasan Balochistan mengklaim melakukan serangan tersebut.

Investasi ke Balochistan
Cina, melalui Koridor Ekonomi Cina Pakistan (CPEC), mengalirkan dana investasi dalam jumlah besar ke berbagai proyek infrastruktur di Balochistan.

Karena Cina adalah sekutu dekat Pakistan dan telah menggelontorkan miliaran dollar ke negara tersebut, insiden penyerangan itu akan menjadi keprihatinan pemerintah Pakistan, sebut wartawan BBC di Islamabad, Secunder Kermani.

Balochistan sendiri adalah wilayah yang relatif sedikit dihuni dengan aneka kekayaan alam, seperti gas, batubara, tembaga, dan emas.

Kendati demikian, Balochistan merupakan salah satu wilayah termiskin di Pakistan sehingga kaum separatis Baloch menuding pemerintah pusat melakukan eksploitasi dan menutup apa yang menjadi hak warga provinsi itu.