Jokowi Dibuat Penasaran Motor ‘Custom’ Baru Gibran

0
841

Anak sulung Joko Widodo yang doyan modifikasi, Gibran Rakabuming Raka, punya sepeda motor custom baru. Sama seperti motor custom Gibran sebelumnya, proses pengerjaan dilakukan rumah modifikasi Katros Garage.

Dari video Atenx Katros alias Andi Akbar, pemilik Katros Garage, diketahui, walau tetap percaya pada bengkel yang sama, Gibran ingin sesuatu yang berbeda. Bukan lagi eksplorasi gaya cafe racer atau bobber, melainkan cicip konsep yang mungkin belum pernah dilakukan pemodifikasi sebelumnya.

Gibran mau memodifikasi motor kecil dengan gaya Off-White. Off-White sendiri merupakan merek pakaian kekinian dengan ciri khas garis hitam dan putih pada setiap desainnya.

Atenx sendiri tidak bisa menjelaskan apa basis motor yang jadi bahan modifikasi. Menurut dia, motor itu -yang terlihat seperti Honda Monkey- datang dengan kondisi sudah dimodifikasi.

“Ini motor mas Gibran, jadi untuk bahannya sudah bukan standar lagi. Dan mesin motor ini antara Grand, Supra, atau Legenda. Tapi yang jelas mesin motor bebek Honda,” kata Atenx.

Menurut dia motor custom Gibran tidak diubah total. Katros hanya diberi tugas membuat motor semakin manis dengan konsep Off-White, serta mengganti beberapa komponen yang dianggap sudah usang.

“Kalau ubahan konsep tidak terlalu signifikan. Cuma mas Gibran Ingin nerapin konsep Off-White di motor itu,” katanya.

Pelek depan diwarnai hitam sedangkan belakang putih, bagian jok juga dikombinasikan dengan warna itu namun ditambah aksen kuning seperti pita garis polisi. Bagian mesin sengaja dicat hitam agar mengangkat nuansa hitam-putih pada bagian sasis dan sesuai konsep yang diinginkan, yaitu Off-White.

Komponen yang diganti di antaranya saringan karburator, grip gas, knalpot karena yang lama sudah berkarat, dan suspensi belakang disubstitusi dengan komponen yang punya pengaturan rebound. Setang ‘monyet’ dipertahankan namun dilapisi warna krom biar mengilap.

Dalam video itu Atenx tak menyebut berapa biaya modifikasi, namun dijelaskan pengerjaannya butuh waktu tiga pekan.

Tanggapan Jokowi

Atenx sendiri yang menyerahkan motor custom baru itu kepada Gibran di Istana Bogor sambil disaksikan Jokowi. Presiden ketujuh Indonesia itu sempat mengamati mainan baru anaknya.

Jokowi sempat bertanya kepada Atenx soal ubahan apa yang sudah dilakukan. “Ini ganti cat?” tanya Jokowi di atas motor custom  chopper hijaunya miliknya.

Bukan Atenx yang jawab, melainkan Gibran yang lagi fokus mencermati motor custombarunya.

“Ya ini sebetulnya motor lama, cuma saya minta mas Atenx untuk me-rebrand saja biar lebih rapi. Oke kok, sesuai request,” kata Gibran.

Pada kesempatan itu Gibran sempat mengungkap alasannya memilih konsep Off-White. “Ya saya tidak kuat kalau beli sepatunya. Makanya ini saya buat saja (versi) motornya,” kata Gibran tertawa.

Sumber : CNN [dot] COM