India dan China Membahas Peningkatan Pertukaran Akademik dan Pariwisata

0
166

Para menteri luar negeri India dan China pada hari Jumat membahas langkah-langkah untuk memperdalam hubungan melalui pertukaran akademik dan pariwisata bahkan ketika mereka bersaing untuk pengaruh dengan tetangga mereka yang lebih kecil.

Sushma Swaraj dan Wang Yi pada pertemuan mereka di New Delhi meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata, seni, film, media, budaya, yoga, olahraga, akademik dan pertukaran pemuda, menurut tweet dari juru bicara Kementerian Luar Negeri India Raveesh Kumar.

“Ketika hubungan kami semakin dalam dan peran regional dan internasional kami berkembang, ada harapan dari kedua negara kami untuk memimpin Asia dan mengantar ‘Abad Asia,” Swaraj mengatakan dalam pesan menjelang pertemuan Dewan Urusan Dunia India dan Akademi Ilmu Sosial China.

Wang menghadiri pertemuan perdana dari sebuah forum yang merupakan bagian dari program pertukaran budaya yang didirikan oleh kedua negara pada bulan April.

Serangkaian pertemuan India-China baru-baru ini telah meredakan ketegangan di sepanjang perbatasan yang diperebutkan setelah 10 tahun bentrokan tahun lalu di negara tetangga Bhutan. Negara-negara berperang pada tahun 1962 di perbatasan yang disengketakan.

Swaraj mengatakan Jumat bahwa pasukan dari kedua negara sedang berusaha memperkuat kontak untuk mempromosikan perdamaian dan ketenangan di daerah perbatasan.

New Delhi telah mengamati dengan seksama langkah China untuk membangun hubungan strategis dan ekonomi dengan negara-negara Samudera Hindia termasuk Sri Lanka, Maladewa dan saingan lama India Pakistan.

China mengklaim beberapa wilayah di timur laut India, sementara India mengatakan China menempati sebagian wilayahnya di Dataran Tinggi Aksai Chin di Himalaya barat. Setidaknya 20 pertemuan untuk membahas klaim perbatasan yang bersaing belum membuat kemajuan yang signifikan.

China juga membenci tuan rumah pemimpin spiritual Tibet di pengasingan di India, Dalai Lama, yang melarikan diri dari Tibet pada 1959 setelah pemberontakan yang gagal terhadap pemerintah China.