Trump Paksa Mattis ‘Tinggalkan Jabatannya Lebih Cepat’, dan Tunjuk Menhan Baru

0
101

Presiden AS Donald Trump memaksa Menteri Pertahanan James Mattis meninggalkan jabatannya lebih awal, dan menunjuk penggantinya untuk mengambil alih posisinya mulai tahun baru.

Jenderal Mattis, yang berusia 68 tahun, sebelumnya menunjukkan perbedaan sikap terhadap kebijakan Presiden Trump saat dia mengundurkan diri pada Jumat lalu.

Dia menawarkan tetap berada pada jabatannya sampai Februari nanti, tetapi dia telah diminta meninggalkan posisinya oleh Trump pada awal Januari ini.

Wakil Menteri Pertahanan, Patrick Shanahan, 56 tahun, akan mengambil alih posisi Mattis sebagai Menteri Pertahanan AS yang baru.

Trump memuji pencapaiannya dan menggambarkan sosok Shanahan sebagai “sangat berbakat”.

Shanahan, eks pimpinan pada perusahaan penerbangan Boeing, bergabung ke Pentagon pada Juli 2017 setelah Trump mencalonkannya.

Dia dilaporkan seorang pendukung yang gencar menyuarakan rencana Trump untuk mendirikan cabang keenam angkatan bersenjata, yang dikenal sebagai “pasukan antariksa”.

Berasal dari negara bagian Washington, Shanahan belajar teknik mesin dan bisnis di Massachusetts Institute of Technology dan bergabung dengan Boeing sebagai insinyur pada tahun 1986.