Setelah resmi mengakhiri dukungan untuk Windows 7, Microsoft diam-diam telah menetapkan tanggal untuk mengakhiri dukungan perangkat Windows 10 Mobile.

Dilansir dari CRN, Windows 10 Mobile telah dua tahun tidak menerima pembaharuan fitur. Pekan lalu, raksasa perangkat lunak tersebut memperbaharui halaman

Microsoft diam-diam menetapkan tanggal di mana ia akan mengakhiri dukungan untuk perangkat Windows 10 Mobile yang sakit, dua tahun setelah menyatakan OS tidak akan lagi menerima pembaruan fitur.

Pekan lalu, raksasa perangkat lunak memperbarui halaman FAQ dan mengatakan dukungan untuk Windows 10 Mobile akan berakhir pada 10 Desember 2019. Setelah tanggal itu, perangkat Windows 10 Mobile tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan baru, bantuan gratis opsi dukungan atau pembaharuan konten teknis online.

Microsoft sebagai gantinya merekomendasikan pelanggan yang masih menggunakan perangkat Windows 10 Mobile untuk beralih ke Android atau iOS.

“Dengan dukungan OS Windows 10 Mobile, kami menyarankan agar pelanggan pindah ke perangkat Android atau iOS yang mendukung”, tulis perusahaan dalam posting blog resmi.

Microsoft menyatakan kekalahan di pasar ponsel pada Oktober 2016 ketika VP Global Sistem Operasi Joe Belfore mengatakan Windows Mobile tidak akan lagi menerima pembaharuan selain dari pembaharuan keamanan dan perbaikan bug.

Vendor perangkat keras telah lama kehilangan minat pada platform tersebut dan Microsoft juga berhenti membuat ponsel yang sesuai dengan OS Windows.

Pengguna Windows 10 Mobile yang tersisa masih dapat menggunakan perangkat mereka dan beberapa fitur seperti cadangan perangkat untuk pengaturan dan beberapa aplikasi masih akan didukung selama tiga bulan setelah tanggal akhir dukungan.

CRN secara berkala menemukan rumor smartphone Microsoft bermerek Surface, tetapi perusahaan tidak pernah mengkonfirmasi rincian tentang perangkat semacam itu.