“Trump Dukung Oposisi Venezuela, Presiden Maduro Usir Diplomat AS”

0
111

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengumumkan telah memutus hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat (AS). Pengumuman itu Maduro sampaikan di hadapan para pendukungnya setelah Presiden AS Donald Trump mengakui lawan politiknya sebagai presiden sementara. “Saya memutuskan untuk mengakhiri hubungan diplomatik dan relasi politik dengan pemerintahan imperialis AS,” kata Maduro dikutip AFP Rabu (23/1/2019).

Presiden yang berkuasa sejak 2013 itu memerintahkan seluruh diplomat AS untuk meninggalkan Venezuela dalam waktu 72 jam ke depan. “Pergi! Tinggalkan Venezuela. Negara kami masih mempunyai martabat. Sialan,” kata Maduro yang berpidato dari balkon istana kepresidenan Miraflores.

Dia menuturkan, apa yang dilakukan pemerintahan Trump sangat tak bertanggung jawab karena berusaha menggulingkan rezimnya di luar konstitusi.

Maduro menegaskan dia membela hak serta eksistensi Venezuela, dan meminta pendukungnya untuk mencegah segala bentuk kudeta dari “fasis kanan”. “Mereka mencoba untuk memerintah Venezuela dari Washington. Apa kalian mau negara kalian dimasuki pemerintah boneka?” tanya Maduro dilansir The Guardian.