Terungkap, Strategi ciamik Xiomi kudeta posisi Samsung di Pasaran

0
864
Ilustrasi. (Foto: Courtesy Xiaomi)

Xiaomi Corporation membuat sejarah baru di pasar ponsel India. Pertama kalinya produsen ponsel asal China ini berhasil mengkudeta Samsung Electronic di pasar penjualan ponsel di India.

Mengutip dari data IDC pada 2018, Xiaomi menjadikan Brand Smartphone terbesar pengirimanya ke India dengan nilai pangsa pasar mencapai 29%. Sedangkan pada tahun 2017 pangsa pasar tersebut dikuasai oleh samsung dengan nilai 27%.

Tahun 2018, penjualan Smartphone di india melejit tinggi sampai 14,5 % yang didorong dengan gencarnya penjualan secara online. Keberhasilan Xiaomi ini menjadi buah bibir para pebisnis, dikarenakan Xiaomi adalah pesaing baru dari Samsung Electronic.

Strategi pertama dalam keberhasilan ini adalah dengan mempromosikan harga Smartphone yang lebih murah dibandingkan Samsung namun dengan kualitas speksfikasi yang hampir sama.

Kemudian Strategi Krusial yang membuat mereka benar – benar sukses di Pasar India adalah penjualan produk mereka di ranah E-commerce dengan perjanjian eksklusif dengan Flikpart. Flash Sale pun langsung dijalankan setelah mendapat persetujuan dari perjanjian tersebut.