Bertamu ke Lokasi Syuting ‘Game of Thrones’ di Spanyol

0
843

Tak pernah terlintas dalam benak saya bahwa kekaguman terhadap sesuatu dapat memicu diri untuk menjelajahi beragam tempat yang tidak terduga. Itu semua bermula dari ketertarikan saya terhadap tema abad pertengahan.

Semenjak merantau untuk menempuh pendidikan tinggi di Spanyol, saya tergolong sering mengunjungi kastel atau benteng yang tersebar hampir di seluruh kota kecil maupun kota besar di Negara Matador ini. Apalagi sebelum menetap di Mallorca, saya tinggal di Jaén, provinsi yang memiliki kastel dan benteng terbanyak di Spanyol.

Saat itu saya dikelilingi oleh lingkungan yang begitu indah serta kaya akan cerita, karena tiap bangunan bersejarah meninggalkan jejak beragam era dan penguasa yang pernah menduduki kawasan Iberia.

Ketertarikan terhadap tema tersebutlah yang membuat saya terjatuh semakin dalam ke dunia Game of Thrones.

Begitu mengetahui sejumlah lokasi syuting serial ini berada di beberapa kota di Spanyol, saya tak kuasa membendung rasa penasaran ingin melihat seperti apa lokasi sebenarnya.

Sebanyak 17 kawasan di Spanyol disulap menjadi bagian dari Westeros dan Essos, wilayah di mana kisah Game of Thronesberkembang.

Dari total tersebut, saya pun berkesempatan mengunjungi empat lokasi.

Kebetulan lokasi-lokasi tersebut mudah dicapai dengan transportasi publik, karena ada sejumlah tempat yang agak sulit dicapai jika tidak memiliki kendaraan pribadi.

Keempat lokasi ini memiliki aneka latar belakang dan semuanya merupakan situs ikonik dari masing-masing kota tempat mereka bernaung:

1. Real Alcázar de Sevilla, Provinsi Sevilla, Andalusia

Di wilayah utara Westeros dapat dijumpai Castle Black dan Winterfell dengan iklim dingin. Sementara itu di bagian paling selatan terdapat Dorne yang beriklim tropis.

Di beberapa episode, dapat dilihat Klan Martell sebagai penguasa Dorne bermukim di sebuah istana bernama Water Gardens. Mungkin masih membekas di ingatan ketika Obara, Nymeria, dan Tyene Sand (anak dari Oberyn Martell dan Ellaria Sand) mencoba menculik Myrcella Baratheon ketika ia sedang bersama Pangeran Trystane Martell.

Kota Sevilla seolah menjadi jelmaan nyata dari Dorne. Terletak di bagian selatan Spanyol, Sevilla pun tergolong memiliki iklim tropis, karena di musim panas bisa mencapai suhu 45 derajat Celcius.

Bukan rahasia lagi jika Real Alcázar de Sevilla kemudian dipilih menjadi Istana Water Gardens milik Klan Martell. Tercatat dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak 1987, kemegahan dan keindahan Real Alcázar de Sevilla tak dapat dipungkiri.

Bertamu ke Lokasi Syuting 'Game of Thrones' di Spanyol [EBG]

Jika melihat tiap sudut pintu, dinding, hingga atap istana, seluruhnya diukir dengan nuansa Islami, serta dibubuhi aneka warna secara mendetail.

Namun secara keseluruhan, istana ini merupakan campuran gaya arsitektur era Roman dan Gothic, Kaum Moor, hingga periode kekuasaan Castilian (Kerajaan Spanyol).

Keunikan tersebut turut menjadikan Real Alcázar de Sevilla sebagai contoh unggulan arsitektur Mudéjar (gaya Kristen Iberia namun memiliki pengaruh dari gaya Kaum Moor) di semenanjung Iberia.

Bagian menarik lainnya yang dapat dijumpai di komplek istana ini ialah taman. Berkat area yang begitu luas, Istana Sevilla memiliki beberapa taman yang dipenuhi oleh aneka flora dan fauna. Bahkan saya sempat melihat burung merak berkeliaran bebas di sana.

Uniknya, salah satu taman berbentuk labirin, sehingga para pengunjung dapat bermain sembari menikmati pemandangan sekitar istana.

Ketika berkunjung, saya pun membutuhkan sekitar 3 jam untuk mengulik setiap sudut istana tersohor di Sevilla, Andalusia ini.

2. Jembatan Roman, Provinsi Córdoba, Andalusia

Jembatan Roman terletak tepat di area bersejarah kota Córdoba, Spanyol. Jembatan sepanjang 250 meter dan selebar 9 meter ini dapat dijumpai di depan Mezquita yang juga populer di kalangan wisatawan.

Berada tepat di atas Sungai Gualdaquivir, jembatan ini pertama kali dibangun pada zaman pendudukan Roman.

Meskipun sempat beberapa kali direnovasi pada abad yang berbeda, struktur jembatan yang tampak hingga saat ini merupakan rekonstruksi oleh Kaum Moor pada tahun 918 ketika mereka menguasai Córdoba.

Bertamu ke Lokasi Syuting 'Game of Thrones' di Spanyol [EBG]

Dalam serial Game of Thrones, jembatan bersejarah ini berubah wujud dan nama menjadi The Long Bridge yang berlokasi di Kota Volantis, Essos.

Karena memiliki struktur yang luas, dikisahkan bahwa sejumlah bangunan, pasar, bahkan permukiman kecil dapat dijumpai di atas jembatan.

Beberapa karakter utama pun sempat singgah di lokasi ini, misalnya Tyrion Lannister bersama Varys ketika mereka sedang dalam pelarian di musim kelima.

Menelusuri Jejak 'Game of Thrones' di Spanyol

3. Kastel Almodóvar de Río, Provinsi Córdoba, Andalusia

“Tell Cersei, I want her to know it was me,” kata Olenna Tyrell.

Di dalam Kastel Highgarden milik Klan Tyrell, Olenna Tyrell mengungkap keterlibatan dirinya di hadapan Jaime Lannister dalam peristiwa Purple Wedding yang menewaskan Joffrey Baratheon, anak pertamanya dengan Cersei Lannister.

Setelah itu Olenna menenggak racun yang dibawa oleh Jaime sebagai pilihan lain daripada menjalani pengadilan di hadapan Cersei di King’s Landing. Momentum ini pun turut menandakan jatuhnya klan Tyrell.

Bertamu ke Lokasi Syuting 'Game of Thrones' di Spanyol [EBG]

Adegan ikonik itu diambil di sebuah kastel yang berjarak 24 kilometer dari Kota Córdoba. Berdiri sejak tahun 740, kastel Almodóvar de Río menjadi bukti jejak peninggalan beragam budaya mulai dari era Roman, Visigothic, pendudukan kaum Muslim Moor asal Berber hingga setelahnya oleh kaum Kristen di Córdoba, Spanyol.

Tak heran jika kastel ini memiliki perpaduan gaya arsitektur dari masing-masing kerajaan di eranya, termasuk gaya Gothic yang sampai saat ini dapat dilihat langsung hampir di seluruh penjuru kastel. Keluar dari King’s Hall (ruangan utama kerajaan), saya menginjakkan kaki di salah satu balkon kastel.

Pemandangan kota kecil Almodóvar de Río dan Sungai Gualdaquivir tampak begitu memesona dari kastel di atas bukit berketinggian 252 meter ini.

Masih berdiri di lokasi yang sama, saya bisa membayangkan adegan ketika Olenna menyaksikan Jaime dan pasukan Klan Lannister dari kejauhan menginvasi Kastel Highgarden.

4. San Juan de Gaztelugatxe, Bermeo, Basque

Di musim ketujuh, Danaerys Targaryen akhirnya kembali menjajaki tanah kelahiran sekaligus istana milik keluarganya yakni Dragonstone, sebuah istana megah yang berada di atas pulau di area Blackwater Bay, Westeros. Dekorasinya didominasi oleh naga yang merupakan simbol utama dari Klan Targaryen.

Sebelumnya, Dragonstone dikuasai oleh Stannis Baratheon ketika Klan Baratheon masih berkuasa di Westeros.

Di dunia nyata, San Juan de Gaztelugatxe yang terletak di Teluk Biscay, Bermeo, Basque tampak menjadi lokasi terbaik bagi Dragonstone.

Agak berbeda dari lokasi lainnya, pulau kecil ini tak memiliki istana namun sebuah kapel yang didedikasikan kepada Saint John (San Juan) dari abad ke-10.

Situs bersejarah di bagian utara Spanyol ini juga terkenal akan formasi bebatuan dan biotope di sekitarnya yang dilindungi. Hadir sejak abad ke-9, San Juan de Gaztelugatxe turut menjadi saksi bisu beragam konflik yang terjadi di teluk serta menjadi benteng Kerajaan Spanyol dari pemberontakan bajak laut.

Gaztelugatxe is an islet of the Biscayan locality of Bermeo, País Vasco (Spain). It is connected to the mainland by a bridge of two arches.

Selain itu, lokasi ini juga terkenal bagi para pengunjung untuk berziarah. Bagian penting dari ritual tersebut ialah ketika mencapai puncak, orang-orang membunyikan lonceng sebanyak tiga kali di kapel yang berada di atas pulau.

Bagi saya, situs ini cukup menantang untuk dikunjungi. Satu-satunya cara untuk tiba ialah melewati jalur pendakian hingga akhirnya tiba di anak tangga pertama menuju puncak San Juan de Gaztelugatxe.

Menapaki 241 anak tangga tentu bukan perkara mudah, apalagi jika melihat ketinggian dan jalurnya yang berkelok-kelok.

Akan tetapi ketika sudah tiba di puncak bukit, rasa lelah pun langsung sirna karena saya disuguhi pemandangan garis laut utara Spanyol yang spektakuler. Ada pun beberapa lokasi syuting lainnya di Spanyol adalah Guadalajara, Almería, Castellón, Navarra, Girona, Barcelona, Zumaia, dan Cáceres.

Setiap wilayah tersebut juga memiliki sejarah panjang dan beragam gaya arsitektur khas Spanyol yang eksotik.

Jika memiliki kesempatan untuk pergi ke Spanyol dan ingin merasakan bagaimana suasana Westeros dan Essos dalam Game of Thrones, tak ada salahnya untuk menyambangi kota-kota tersebut.

Sumber : CNN [dot] COM