Makna Katedral Notre-Dame Bagi Warga Prancis

0
670

Tak ada situs lain yang merepresentasikan Prancis layaknya Katedral Notre-Dame.

Rival utamanya sebagai simbol nasional, Menara Eiffel, ‘baru’ berusia satu abad. Sementara Notre-Dame telah berdiri kokoh di Paris sejak tahun 1200-an.

Katedral itu juga menjadi inspirasi sebuah mahakarya literatur Prancis. Novel karya Victor Hugo, Hunchback of Notre-Dame, dikenal warga Prancis dengan nama Notre Dame de Paris.

Terakhir kalinya katedral tersebut mengalami kerusakan besar adalah saat masa Revolusi Prancis, ketika patung-patung orang suci dipenggal oleh kelompok anti-kepastoran.

Bangunan itu juga bertahan saat terjadi pemberontakan Komune Paris tahun 1871. Begitu pula saat dua perang dunia terjadi, sebagian besar bangunan katedral tidak mengalami kerusakan apa pun.

Sulit menggambarkan betapa terkejutnya warga Prancis melihat katedral tersebut dilalap kobaran api.

Katedral itu bukan sekadar tujuan wisata paling populer di Eropa Barat. Delapan abad setelah berdiri, Notre Dame juga tetap menjadi tempat ibadah – sekitar 2.000 pelayanan digelar setiap tahunnya di sana.

Akan tetapi, bangunan itu juga lebih dari sekadar situs keagamaan. Presiden Prancis Emmanuel Macron telah mengungkapkan duka mendalam “seluruh negeri” atas kebakaran yang terjadi. Wali kota Paris Anne Hidalgo mengatakan, Notre Dame adalah “bagian dari warisan bersama kita”.

Banyak di antara mereka yang menyaksikan kebakaran itu berurai air mata. Ketidakpercayaan mereka juga dirasakan para penganut katolik dan penganut agama lainnya di negara di mana keimanan telah lama tidak lagi menjadi kekuatan pemersatu bangsa.