AS Mengakui Kematian Gadis Migran

0
68

Pejabat A.S. mengakui Rabu bahwa seorang gadis berusia 10 tahun dari El Salvador meninggal di tahanan AS tahun lalu.

Kasus yang sebelumnya tidak dilaporkan adalah kematian keenam seorang anak dalam tahanan selama setahun terakhir.

Mark Weber, juru bicara Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan A.S., mengatakan gadis itu meninggal pada 29 September 2018, di sebuah rumah sakit di Omaha, Nebraska, demam dan gangguan pernapasan.

Dia mengatakan pejabat AS telah merawat anak yang tidak disebutkan namanya sejak Maret karena dia “rapuh secara medis,” dengan riwayat cacat jantung bawaan.

Kedatangan perbatasan meningkat

HHS secara rutin memberikan perawatan kepada anak-anak yang pemerintah anggap tidak ditemani. Weber tidak mengatakan apakah gadis itu telah memasuki A.S. sendirian.

Berita kematian gadis itu datang ketika pejabat perbatasan AS menahan semakin banyak anak di bawah umur dan keluarga tanpa pendamping yang melintasi perbatasan selatan.

Angka itu naik dari sekitar 4.968 anak pada bulan Oktober menjadi hampir 8.897 pada bulan April; dan dari 23.116 keluarga menjadi 58.474 keluarga pada periode yang sama, membuat para pejabat berebut untuk memberikan layanan yang memadai.

Pada hari Rabu, Pentagon mengumumkan bahwa penjabat Sekretaris Pertahanan Patrick Shanahan telah menyetujui permintaan dari Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) untuk membangun perumahan sementara di enam lokasi di sepanjang perbatasan selatan untuk menampung setidaknya 7.500 migran dewasa.

Minta lebih banyak dana

Permintaan itu disetujui pada hari yang sama dengan bertindak Sekretaris Keamanan Dalam Negeri Kevin McAleenan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa peningkatan dana kepada badan tersebut akan mencegah kematian anak-anak migran baru-baru ini. Dia mengatakan dia meminta lebih banyak uang dalam anggaran fiskal 2020 karena masuknya orang-orang di perbatasan menguras sumber daya dan membuatnya sulit bagi lembaga untuk merespons secara memadai.

“Krisis ini melebihi sumber daya yang disediakan,” katanya.