Prancis Hadapi Gelombang Panas Melebihi 40 Derajat Celcius

0
641

Prancis bersiap menghadapi gelombang panas dengan suhu yang diperkirakan melebihi 40C pada pekan ini – berpotensi memecahkan rekor untuk bulan Juni.

Suhu diperkirakan akan mencapai 35 derajat atau lebih pada hari Senin, dan naik lebih jauh hingga puncaknya pada hari Kamis dan Jumat nanti.

Bagian utara negara itu – termasuk kota Paris – akan terkena dampak terburuk.

Ahli meteorologi mengatakan bahwa kelembaban yang tinggi akan membuat 40C terasa seperti 47C di ibu kota Paris.

Prancis, Jerman, Swiss, dan Belgia diperkirakan akan menghadapi gelombang panas serupa dalam beberapa hari mendatang – tetapi .

Sistem cuaca di atas Samudra Atlantik menciptakan tekanan atmosfer tinggi di kawasan tersebut, yang menarik udara panas dari Afrika utara dan Spanyol, menyebabkan kenaikan suhu.

Sebagai perbandingan, gelombang panas di Prancis pada 2003, yang ditandai tiga suhu teratas yaitu 44,1C pada 12 Agustus, mengakibatkan hampir 15.000 orang meninggal selama gelombang panas itu.

Badan Meteorologi Prancis, Meteo France, memperingatkan suhu kemungkinan tidak turun sampai akhir pekan berikutnya – bahkan di malam hari, ketika suhu terendah diperkirakan akan tetap di atas 20C di banyak tempat.

Kota-kota besar sangat rentan menghadap gelombang panas pada Juni ini, demikian lembaga layanan cuaca memperingatkan.

Kota Paris telah mengantisipasi kemungkinan gelombang panas ekstrem ini dengan menyiapkan rencana “level tiga” – selama ini, level empat, atau maksimal, belum pernah digunakan.

Bagian dari rencana itu diantaranya menyiapkan sekitar 900 “tempat dingin” yang memiliki suhu lebih rendah daripada jalan-jalan di kota dan sekitarnya – seperti taman, ruang publik ber-AC, dan area yang dilengkapi air mancur, serta penyediaan mesin pendingin (mist machines).

Kota Paris ini juga menyiapkan 13 taman terbuka tambahan di malam hari agar warga bisa menghindari udara panas.

Di Spanyol, otoritas terkait memperkirakan suhu di atas 35C akan melanda sebagian besar negara itu, yaitu suhu akan di atas 40C di wilayah pusay – dan 42C di lembah Ebro, Tajo, Guadiana dan Guadalquivir.

Kawasan wisata di Mallorca atau Kepulauan Canary juga diperkirakan akan diserang gelombang panas hingga 35C.

Jerman juga diperkirakan suhunya akan mencapai 30-an yaitu di kota Berlin, Hamburg, Frankfurt dan kota-kota lain – dengan perkiraan 38C akan melanda ibu kota pada hari Kamis.

Gelombang panas di Inggris, di sisi lain, diperkirakan akan menyebabkan badai pada Senin dan Selasa.