Anak muda generasi Z di Amerika Serikat lebih memilih Youtube dan Instagram sebagai media sosial pilihan ketimbang Facebook. Menurut Pew Research Center, generasi Z adalah generasi setelah millenial, mereka lahir setelah tahun 1996.

Ketika ditanya media sosial apa yang paling sering mereka buka, 64,59 persen responden menyebut Instagram. Youtube ada di tempat kedua dengan 62,48 persen dan setengah dari mereka kerap membuka Snapchat (51,31 persen).

Penggemar Facebook ada di posisi empat, dengan 34,19 persen anak muda yang ada di usia 13-21 tahun ini mengaku masih kerap membuka Facebook.

Survey ini diadakan oleh Business Insider bekerjasama dengan perusahaan Survey Monkey pada 11-14 Januari lalu yang berhasil menjaring 1.884 responden.

Temuan ini serupa dengan survey sebelumnya yang dilakukan oleh Pew Research Center. Dalam survey itu, lebih banyak remaja membuka Youtube (72 persen), Instagram (72 persen), dan Snapchat (69 persen) ketimbang Facebook (51 persen).

Selain menanyakan media sosial yang paling sering mereka gunakan. Para anak muda ini juga ditanyakan media sosial apa yang saat ini sudah tak lagi mereka gunakan.

Ternyata, Facebook menempati urutan teratas dengan 30,02 persen. Hal ini diikuti oleh layanan pesan instan Kik (29,7 persen), Skype (24,63 persen), Twitter (20,97 persen), Instagram (20,33 persen), dan Snap (18,22 persen).