Fakta mengenai Planet Saturnus yang mendekat ke Bumi

0
1089

planet kedua yang paling besar dalam sistem tata surya Bima sakti dan tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Salah satu karakteristik yang paling dikenal adalah cincin yang melingkar di planet ini.

walaupun jauh, ternyata Planet Saturnus bisa dilihat dengan menggunakan teleskop. Fenomena langka ini terjadi pada Rabu malam (10/7/2019), hingga Kamis dini hari (11/7/2019). Saat itu, planet Saturnus berada di satu garis lurus dengan Bumi dan Matahari. Posisi tersebut kemudian disebut dengan Oposisi Saturnus.

Salah satu harapan bagi manusia adalah bulan yang dimiliki oleh planet saturnus yaitu Enceladus, salah satu bulan di Planet Saturnus dipercaya bisa ditinggali manusia. Meskipun Bulan Titan yang paling besar di planet ini, namun Enceladus lebih mungkin bisa ditinggali manusia karena lebih hangat.

Cassini, pesawat eksplorasi planet Saturnus yang mengakhiri perjalanannya pada 2017 menemukan adanya es geyser berada di kutub selatan bulan tersebut. Dengan kata lain, proses tersebut menunjukkan bahwa Enceladus cukup hangat untuk ditinggali manusia karena air di sana dapat terus mencair lantaran es geyser sempat meledak di bulan ini.