Arti Warna Dahak bagi Kesehatan Tubuh Anda

0
864

Dahak muncul dengan beragam warna. Mulai dari kuning, hijau, cokelat, putih, hingga kemerahan. Meski sama-sama keluar melalui batuk, arti warna dahak saling berbeda satu sama lain. 

Tak sembarangan, warna dahak juga diketahui dapat memperlihatkan kondisi kesehatan tertentu.

Berikut beragam warna dahak beserta kondisi kesehatan yang dibawanya.

1. Warna dahak bersih 
Warna dahak bening merupakan hasil produksi lendir yang sebagian besar merupakan air, protein, antibodi, dan beberapa garam untuk melumasi sistem pernapasan. Peningkatan jumlah dahak berarti tubuh yang tengah iritasi.

Alergi rinitis, virus bronkitis, dan virus pneumonia dapat menimbulkan dahak ini.

2. Dahak kuning ke hijau 
Dahak berwarna hijau merupakan pertanda tubuh sedang melawan infeksi. Warna ini berasal dari sel darah putih. Pada awalnya, warna dahak berkembang dari kuning menjadi hijau. Perubahan ini terjadi karena tingkat keparahan meningkat.

Dahak kuning dan hijau ini umumnya disebabkan oleh bronkitis, pneumonia, sinusitis, dan cystic fibrosis atau penyakit paru-paru kronis.

3. Dahak cokelat 
Warna dahak kecokelatan ini juga bisa tampak seperti berkarat. Warna cokelat umumnya berasal dari darah tua. Biasanya warna ini muncul setelah warna dahak kemerahan.

Dikutip dari situs kesehatan Healthline, warna dahak cokelat biasanya disebabkan oleh bakteri pneumonia, cytic fibrosis, pneumoconiosis, dan abses paru-paru.

4. Dahak putih 
Arti warna dahak putih juga menunjukkan kondisi kesehatan tertentu. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh virus bronkitis. Kondisi GERD yang biasa terjadi pada pencernaan juga dapat memicu dahak berwarna putih kental.

Penyakit paru obstruktif kronik dan gagal jantung kongestif juga dapat ditandai dengan munculnya dahak berwarna putih.

5. Dahak hitam 
Dahak hitam dikenal juga dengan melanoptisis. Dahak hitam biasanya muncul setelah menghirup sesuatu yang berwarna hitam, seperti debu batu bara. Kondisi ini juga bisa menandakan adanya infeksi jamur yang membutuhkan perawatan medis.

Dahak hitam juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok dan pneumoconiosis atau sejenis penyakit paru-paru hitam.

6. Dahak merah atau pink 
Darah merupakan penyebab dari warna dahak kemerahan. Artinya, ada darah di dalam dahak.

Arti warna dahak merah bisa berarti tanda penyakit pneumonia, tuberkulosis, gagal jantung, emboli paru, dan kanker paru.

Sumber : CNN [dot] COM