Perusahaan Apple dilaporkan soal persaingan tidak sehat

0
741
Perusahaan Apple dilaporkan soal persaingan tidak sehat
Perusahaan Apple dilaporkan soal persaingan tidak sehat

Setelah perusahaan Google dan Facebook, kini giliran Apple yang terkena juga sentilan soal persaingan tidak sehat di market digital. Laporan ini datang dari para anggota parlemen di Komite Kehakiman House Amerika Serikat (AS).

Apple dituduh lantaran sistem yang dibuat perusahaan itu menjebak pengguna agar hanya bisa menginstal aplikasi dari App Store. Untuk itu, mereka meminta keterangan dari Kepala Eksekutif Apple Inc Tim Cook terkait hal ini.

Hal ini dianggap menghalangi persaingan karena pengguna tak punya pilihan toko aplikasi lain untuk melakukan pengunduhan. Tuduhan monopoli ini dilayangkan oleh Spotify dan pengembang lain.

Apple pun mengambil potongan dari penjualan yang dilakukan pengembang ketika pengguna melakukan pembayaran di App Store.

Disebutkan Apple mengenakan biaya 15-30 persen kepada penjual “barang digital”. Produk digital ini seperti film, video game, buku digital, musik. Tetapi mereka tidak memungut bayaran dari penjual barang dan jasa fisik. Aturan inilah yang membuat Amazon tidak menjual buku elektronik di perangkat Apple.

Menanggapi tuduhan ini, eksekutif Apple menyatakan hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Terutama bagi orang-orang yang membeli perangkat perusahaan. Namun, Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar atas surat dari anggota parlemen A.S.

News Trends