Speksifikasi Mobil SMK dinilai mirip mobil China

0
960
Speksifikasi Mobil SMK
Speksifikasi Mobil SMK

Speksifikasi Mobil SMK

Speksifikasi Mobil SMK dinilai mirip mobil China. Solo Manufaktur Kreasi (SMK) selaku pemegang merek Esemka merasa lega usai meresmikan pabrik dan produk perdananya ke publik. Hal ini menjadi bukti sekaligus menjawab keraguan masyarakat tentang produk Esemka bukan mobil gaib.

Pembuktian pernyataan Esemka serius masuk ke pasar otomotif Tanah Air disaksikan langsung Presiden Joko Widodo yang datang ke acara peresmian di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9).

Namun di tengah euforia merek lokal tersebut, jati diri mobil Esemka justru dipertanyakan lagi. Dugaan mobil Esemka mencontek produk China kembali mencuat.

Produk yang mirip buatan China

Pikup Esemka Bima diduga punya kemiripan dengan produk China, Changan Star Truck. Beberapa desain eksterior kedua produk itu dianggap serupa dan jika melihat ke spesifikasi teknis menyatakan hal yang sama.

Misalnya pada mesin, Bima 1.2 memiliki jantung pacu E-Power I4 berkubikasi 1.243 cc DOHC dengan daya maksimum 72 kW atau 96,5 hp dan torsinya 119 nm. Mengutip situs resmi Changan Global, Star Truck dibekali mesin E-Power I4 1.243 cc DOHC, tenaga 72 kW atau 96,5 hp dan torsinya 119 nm.

Komparasi ini bikin Bima disangka cuma hasil rebadge atau ganti emblem Star Truck.