Tuduh Menteri Korupsi, Politikus Oposisi Korea Selatan Gelar Aksi Plontos

0
677

Pemimpin oposisi Korea Selatan menjadi politikus terkini yang mencukur rambut di depan umum sebagai aksi protes menentang pemerintah.

Hwang Kyo-ahn digunduli di depan para pendukung dan wartawan di luar istana presiden pada Senin malam (16/09).

Protes dilakukan terhadap menteri kehakiman baru, Cho Kuk, yang keluarganya dituduh korupsi.

Minggu lalu, dua anggota parlemen perempuan mencukur rambut mereka terkait masalah yang sama.

Ketiga orang ini berasal dari kelompok politik konservatif. Mereka menentang pemerintahan saat ini, di bawah Presiden Moon Jae-in.

Mereka menginginkan Cho mengundurkan diri atau diberhentikan.

Apa isi protes?

Cho Kuk, mantan profesor hukum dan pembantu Moon, menjadi menteri kehakiman minggu lalu.

Tetapi para pengecamnya marah karena dia dicalonkan Moon untuk jabatan itu, meskipun terus terjadi tuduhan pemalsuan akademis dan kejahatan keuangan yang dilakukan keluarganya.

Istrinya, yang juga seorang profesor, didakwa atas dugaan memalsukan sejumlah dokumen yang membantu anak perempuan mereka diterima di universitas dan mendapatkan beasiswa. Tindakan ini membuat marah para mahasiswa.

Jaksa juga memeriksa investasi dana ekuitas yang diduga mencurigakan terkait dengan kerabat lainnya. Dalam beberapa minggu terakhir, jaksa melakukan sejumlah penggerebekan terkait dengan keluarga Cho.

Pada acara pelantikan hari Jumat lalu (13/09) Cho menyampaikan “permintaan maaf mendalam kepada generasi yang lebih muda” terkait dengan dugaan kemudahan yang diterima anak perempuannya. Tetapi dia mengatakan dirinya ingin melanjutkan reformasi sistem hukum.

Moon menekankan tidak terdapat kepastian dilakukannya tindakan ilegal dan ini akan menjadi preseden buruk untuk tidak mengangkat seseorang hanya berdasarkan dugaan.

Tetapi kasus ini telah memicu perdebatan di masyarakat terkait dengan kemudahan yang didapat kelas sosial tertentu di Korea Selatan. Negara ini diguncang sejumlah skandal korupsi dalam beberapa tahun terakhir.

Pemerintahan sebelumnya digulingkan karena sejumlah dugaan korupsi dan mantan Presiden Park Geun-hye saat ini sedang dipenjara karena melakukan suap dan penyalahgunaan kekuasaan.

Hwang pernah menjadi perdana menteri di bawah mantan Presidan Pak – sejumlah pengamat memperkirakan tindakannya di depan umum adalah bagian dari usaha merendahkan presiden saat ini, Moon Jae-in.

Mengapa mencukur kepala?

Korea Selatan sejak lama memiliki tradisi mencukur rambut kepala hingga plontos sebagai bentuk protes.

Tindakan ini berasal dari pengajaran Konfusianisme tradisional dan biasanya dipandang sebagai cara menunjukkan dukungan terhadap isu tertentu.

Sepanjang tahun 1960-an dan 70-an, ketika Korea Selatan di bawah pemerintahan diktator militer, para pembangkang sering kali mencukur kepala sebagai tanda perlawanan.

Dalam 10 tahun terakhir, para pegiat dan politikus melakukannya untuk menyatakan protes.

Pada tahun 2018, perempuan mencukur kepala mereka pada sebuah aksi menentang peningkatan kamera pengintai yang ditempatkan di toilet dan kamar ganti untuk memfilmkan perempuan secara diam-diam.

Dua tahun sebelumnya, lebih dari 900 warga Korea Utara mencukur kepala untuk memprotes sistem anti-misil AS.

Tahun 2017, ratusan penduduk Kota Icheon mencukur kepala terkait kontroversi pembangunan kompleks industri.

Pencukuran rambut Hwang dilakukan di luar istana presiden, the Blue House, pada hari Senin malam.

Dia mengatakan Cho adalah seorang “penjahat” yang harus mengundurkan diri.

Dia mengatakan kepada kerumunan orang yang menonton: “Saya ada di sini untuk menyatakan tekad saya dengan mencukur kepada. Saya tidak akan bergerak mundur.”

Protesnya ini banyak diperhatikan di media sosial. Dia masuk ke dalam daftar trending 10 teratas pada Naver, mesin pencari Korea Selatan.

Sejumlah komentar mengatakan dia mirip dengan aktor Gary Oldman – sehingga dia dijuluki Kimchi Oldman.