6 Langkah Mencuci Tangan yang Benar

0
695

Mencuci tangan merupakan salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, ada banyak penyakit yang yang dapat ditularkan melalui tangan yang kotor seperti flu, diare, dan mata merah.

Untuk mencegah berbagai macam penyakit ini, mencuci tangan harus dilakukan dengan langkah yang benar agar kuman berbahaya benar-benar hilang. Jika mencuci tangan dilakukan sembarangan, bakteri dan virus bisa menyerang tubuh.

“Mencuci tangan adalah langkah paling dasar, murah, dan efektif untuk mencegah penularan penyakit harian seperti batuk, pilek, diare, dan mata merah,” kata dokter spesialis anak Kanya Fidzuno dalam peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2019 yang digelar Lifebouy di Jakarta, Selasa (15/10). Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati setiap 15 Oktober di lebih dari 100 negara di dunia.

Mencuci tangan yang benar harus dilakukan dengan sabun dan air yang mengalir. Sabun dapat membunuh kuman, sedangkan air mengalir dapat meluruhkan kuman di tangan. Berikut enam langkah mencuci tangan yang benar.

1. Telapak tangan

Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah mengambil sabun dan letakkan di telapak tangan. Basahi tangan, lalu gosok telapak tangan dengan sabun.

2. Telapak punggung tangan
Setelah itu, gosok pula telap punggung tangan kanan dan kiri. Pastikan semua bagian terkena sabun.

3. Sela-sela jari

Langkah berikutnya adalah menggosok sabun ke sela-sela jari. Sela-sela jari merupakan salah satu lokasi favorit kuman bersarang, sehingga tak boleh dilupakan.

4. Punggung

Berikutnya, bersihkan punggung jari dengan gerakan saling mengunci. Gerakan ini berguna untuk memastikan kuman benar-benar mati.

5. Jempol

Bersihkan jempol kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan digosok memutar. Jempol jadi perhatian karena ibu jari ini merupakan jari yang paling aktif beraktivitas.

6. Ujung jari

Bersihkan ujung jari atau bagian kuku dengan gerakan menguncup. Gerakan ini bertujuan agar kuku benar-benar bersih dan kuman yang menyelip di kuku dapat hilang.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, akhiri mencuci tangan dengan membersihkan sabun dengan air yang mengalir lalu keringkan.

Sumber : CNN [dot] COM