Instagram kini hapus ‘tab following’ yang dapat melihat aktivitas pengguna lain yang sebelumnya telah diikuti. Fitur tersebut sengaja dihilangkan dengan alasan banyak pengguna yang tidak mengetahuinya.

Dilansir dari CNET, tab following tersebut akan segera dihapus pada Senin (7/10) ini. Bagi yang tidak familiar, fitur ini memungkinkan pengguna Instagram melihat siapa baru saja diikuti, foto apa yang disukai, hingga komentar apa yang ditinggalkan oleh orang sudah diikuti.

“Kami selalu berhasil membuat Instagram tempat terbaik untuk terhubung dengan orang-orang dan hal-hal yang Anda sukai,” kata seorang juru bicara Instagram, Senin, (8/10).

Fitur ini sebenarnya memang tidak memiliki fungsi yang begitu bermanfaat bagi pengguna. Menurut Tech Crunch, tab ini justru malah menjadi sangat menakutkan bagi sebagian orang.

Sebab, seluruh aktivitasnya di Instagram dapat dipantau oleh orang lain, bahkan oleh orang yang tidak dikenal sekalipun.

Instagram juga mengumumkan telah menambahkan sebuah fitur baru yang dapat membantu pengguna mengamankan privasi akunnya. Sebuah opsi ‘Emails from Instagram’ telah ditambahkan pada pengaturan.

Pengguna nantinya dapat melihat email yang dikirim resmi dari Instagram selama 14 hari terakhir untuk mengurangi peretesan akun yang kerap terjadi menggunakan email terdaftar.

Setelah fitur ini hilang, maka yang tersisa hanya tab ‘Anda’, yaitu yang berisikan aktivitas Anda sendiri. Menurut Instagram, dibutuhkan sekitar satu minggu untuk fitur tersebut benar-benar hilang dari seluruh akun pengguna Instagaram. Fitur ini pertama kali dikenalkan Instagram pada 2011 silam.