Snapdragon 735 Jadi Pendorong Ponsel 5G Terjangkau

0
688

Saat semua mata mengarah pada Snapdragon menantikan kehadiran SoC unggulan generasi terbarunya, Snapdragon 865 Mobile Platform, rumor yang beredar justru lebih mengarah pada lini Snapdragon 700.

Rumor yang beredar menyebut Qualcomm tengah mempersiapkan chipset terbaru di lini Snapdragon 700, disebut sebagai Snapdragon 735 dengan nomor kode SM7250. Dirancang oleh Qualcomm, namun Snapdragon 735 ini akan diproduksi oleh Samsung, memanfaatkan proses 7nm EUV LLP atau Low Power Plus.

Sebagai informasi, semakin rendah nomor proses, semakin tinggi jumlah transistor yang dapat disematkan dalam sirkuit terintegrasi. Dengan menambahkan jumlah transistor, chip akan lebih bertenaga namun lebih efisien menyoal konsumsi energi.

Pada tahun 2020 mendatang, baik Samsung maupun TSMC akan memulai proses produksi chip 5nm di lini produksinya.

Rumor lain menyebut bahwa Snapdragon 735 ini siap mendukung konektivitas jaringan 5G, sehingga artinya jaringan 5G ini akan tersedia di lebih banyak perangkat dengan penawaran harga terjangkau.

Namun Qualcomm belum mengumumkan informasi resmi terkait dengan komponen ini. Snapdragon 735 akan menggantikan Snapdragon 730 yang diproduksi menggunakan proses 8nm dan didukung oleh GPU Adreno 618.

Sejumlah fitur pada chip saat ini, seperti dukungan untuk standar Wi-Fi 6 baru dan Qualcomm AI Engine multi-core, juga diyakini sejumlah pihak akan mendukung chipset Snapdragon 735. Pada awal tahun 2019, Qualcomm mengungkap akan menghadirkan dukungan 5G pada lini chipset kelas menengah yaitu seri 700 dan dan seri 600.