11 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

0
116

Mengetahui manfaat daun sirih bisa berguna untuk kehidupan sehari-hari. Tumbuhan dengan nama ilmiah piper betle ini lekat dengan masyarakat Indonesia dan mudah untuk ditemukan di pasar, atau dibudidayakan di rumah.

Daun yang termasuk ke dalam keluarga tanaman Piperaceae ini berwarna hijau gelap dan berbentuk hati. Sirih sering dibudidayakan di Sri Lanka, India, Malaysia, Afrika Timur, Filipina, dan Indonesia. Jauh sebelumnya, di India bahkan sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak 400 SM. Tanaman merambat ini memiliki rasa yang kuat, menyengat, dan beraroma khas.

Daun sirih terkenal akan manfaatnya sebagai penyegar mulut dan pembersih area kewanitaan. Tapi kenyataannya tidak hanya itu khasiatnya. Daun sirih memiliki beragam kandungan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten yang digunakan untuk penyembuhan dan pemeliharaan kesehatan.

Yang tak kalah penting, daun sirih mengandung minyak atsiri dan komponen kimiawi seperti minyak sirih dan chavicol, betelphenol, eugenol, terpene, campene. Komponen kimia tersebutlah yang dapat dimanfaatkan sebagai obat, perawatan, dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut ragam manfaat daun sirih yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Bersifat anti-kanker

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh[EBG]

Daun sirih mengandung sejumlah phytochemical (bahan kimia tanaman yang meningkatkan kesehatan) yang memiliki manfaat melawan kanker. Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang menetralkan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus penyebarannya ke berbagai organ tubuh.

Contohnya, mengunyah daun sirih diketahui dapat mencegah kanker mulut karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur. Cara lain yang bisa dilakukan yakni meminum rebusan air daun sirih. Cukup dengan merebus 10 hingga 12 lembar daun sirih selama beberapa menit, saring, kemudian bisa tambahkan madu.

2. Mengobati diabetes

Daun sirih dapat mengurangi kadar glukosa keseluruhan dalam darah yang sangat bagus untuk penderita diabetes tipe 2. Mengonsumsi daun sirih dapat membantu mencegah penumpukan radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh penderita diabetes.

Selain itu, melansir dari Stylecraze, daun sirih juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka — yang biasanya menjadi masalah bagi penderita diabetes tipe 1. Daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Caranya, cukup oleskan ekstrak daun sirih di atas permukaan kulit yang terluka. Daun sirih kemudian akan merangsang produksi kolagen untuk meregenerasi jaringan kulit.

3. Sebagai antiseptik

Daun sirih adalah antiseptik alami yang luar biasa. Kandungan daun sirih yang kaya akan polifenol, terutama chavicol menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Daun sirih dapat diaplikasikan pada luka untuk membunuh kuman. Kandungan polifenol pada daun sirih juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan seperti radang sendi dan orkitis.

Selain itu, minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

4. Meredakan asma

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh[EBG]

Asma merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan akibat peradangan. Daun sirih memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat mengobati dan mencegah asma kambuh.

Penelitian telah menemukan bahwa aktivitas antihistamin daun sirih dapat menurunkan kasus asma bronkial. Selain itu, minyak sirih dan polifenol yang ada dalam daun sirih memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan asma.

5. Meredakan sakit punggung dan otot tegang

Kandungan dan Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan [EBG]

Salah satu manfaat daun sirih lainnya adalah obat yang baik untuk orang yang menderita sakit punggung bagian bawah atau sakit pinggang. Untuk meredakan nyeri pinggang, kita dapat memijat pinggang atau punggung bagian bawah dengan minyak daun sirih atau jus daun sirih yang dicampur dengan minyak kelapa murni. Hal ini juga dapat meredakan nyeri otot, kemerahan, dan pembengkakan.

6. Obat mimisan

Daun sirih adalah obat yang baik untuk mengatasi hidung berdarah atau mimisan. Daun sirih dapat membantu menghentikan aliran darah dengan cara memasukkan gulungan daun sirih segar ke dalam hidung yang sedang mimisan dan tunggu selama 30 menit untuk menghentikan aliran darah.

7. Meningkatkan kesehatan mulut

Kandungan dan Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan [EBG]

Patogen yang ada di mulut menjadi penyebab infeksi dan karies gigi. Dengan mengunyah daun sirih dipercaya dapat menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri. Daun sirih sangat populer sebagai penyegar mulut dan dapat digunakan sebagai pengganti obat yang digunakan untuk mengobati infeksi mulut atau gigi. Ketika mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula, asam bereaksi dengan bakteri yang ada dalam biofilm gigi. Daun sirih mencegah timbulnya karies gigi dengan menghambat produksi asam.

Selain itu, daun sirih dapat membantu menyegarkan napas serta memperkuat gigi dan gusi agar terhindar dari pendarahan. Untuk meningkatkan kesehatan mulut, cobalah berkumur setiap hari saat pagi dan malam dengan satu tetes minyak daun sirih yang dicampur dengan satu cangkir air hangat.

8. Mengurangi asam lambung

Selain menjaga kesehatan mulut, manfaat mengunyah daun sirih adalah mengobati radang atau asam lambung. Penyakit asam lambung merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Daun sirih dapat menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi lendir lambung (faktor penting yang melindungi terhadap agen penyebab maag) dan mengurangi volume sekresi asam lambung. Fitokimia dan polifenol yang ada dalam daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti-ulserogenik yang melindungi lapisan dalam usus terhadap racun dan iritasi lainnya.

9. Meredakan sembelit

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh[EBG]

Daun sirih dapat membantu meredakan sembelit karena daun sirih mengandung antioksidan yang membantu membersihkan radikal bebas dari tubuh yang kemudian dapat mengembalikan tingkat PH normal di perut. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih untuk meredakan sembelit, daun bisa dijus dan diminum dalam keadaan perut kosong setiap hari untuk membantu melancarkan pencernaan.

10. Menurunkan kolesterol
Kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menemukan bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL), serta membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dimobilisasi dari plasma ke hati, kemudian dihilangkan dalam bentuk asam empedu.

11. Mengobati jerawat dan masalah kulit
Daun sirih adalah obat yang baik untuk jerawat, flek hitam, dan berbagai masalah kulit lain. Khasiat antimikroba dalam daun sirih mampu membantu mengobati sariawan, alergi, gatal, dan bau badan.

Untuk mengobati jerawat dengan daun sirih, hancurkan beberapa lembar daun sirih kemudian campurkan ekstraknya dengan sedikit kunyit. Oleskan ‘ramuan’ tersebut pada jerawat dan alergi.

Selain itu, cara mendapatkan manfaat daun sirih lainnya adalah dengan mencuci muka atau membasuh dengan air rebusan daun sirih pada kulit yang bermasalah. Menerapkannya secara rutin dapat membantu menghilangkan noda serta jerawat pada wajah atau punggung dalam beberapa hari.

Sumber : CNN [dot] COM