Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Jantung

0
130

Air kelapa adalah salah satu minuman segar yang sering dikonsumsi di cuaca panas. Selain rasanya enak, minuman yang satu ini juga punya segudang manfaat bagi tubuh Anda. Salah satunya adalah untuk kesehatan jantung.

Manfaat air kelapa untuk jantung Anda

minum air kelapa secara rutin dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, tikus yang diberikan air kelapa secara rutin mengalami penurunan kolesterol dan jumlah trigliserida (lemak dalam darah). Bahkan, tikus-tikus ini juga mengalami penurunan jumlah lemak yang menempel pada hati.

Selain itu, air kelapa juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melancarkan aliran oksigen dalam darah. Saat ini terjadi, aliran oksigen bisa didapatkan dengan baik oleh seluruh anggota tubuh, termasuk bagian jantung.

Tak hanya itu, penelitian pada hewan yang terpapar racun menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang mampu mengubah radikal bebas sehingga tidak lagi menyebabkan kerusakan.

Sebagai informasi, peningkatan radikal bebas merupakan respons terhadap stres atau cedera. Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh Anda memasuki keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel tubuh dan meningkatkan risiko penyakit

Di samping itu, seperti disampaikan oleh dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, air kelapa juga kaya akan kalium.

“Bahkan, kalium yang ada di dalam air kelapa lebih tinggi dari pada yang dimiliki oleh pisang. Kalium sendiri sangat berguna untuk pergerakan otot di dalam tubuh manusia, termasuk otot jantung,” tutur dr. Kartika.

Manfaat lain dari air kelapa

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, air kelapa juga punya segudang manfaat kesehatan lainnya untuk tubuh, seperti:

  • Mencegah diabetes

Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang baik.

Studi lain menunjukkan, menyediakan air kelapa untuk tikus yang menderita diabetes menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan pengurangan tanda-tanda stres oksidatif.

Penelitian ini memang masih harus dipelajari lebih lanjut untuk manusia. Namun, kandungan 3 gram serat dan karbohidrat yang dapat dicerna, membuat air kelapa masuk ke dalam daftar makanan untuk penderita diabetes.

  • Mengatasi masalah dehidrasi

Dehidrasi memang terbukti dapat menyebabkan segudang komplikasi merugikan. Namun sebenarnya, kondisi ini tergolong mudah untuk diatasi. Anda hanya perlu minum lebih banyak.

Nah, salah satu minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat dehidrasi adalah air kelapa murni.

Air kelapa murni dapat mengembalikan cairan tubuh lebih baik dari pada minuman olahraga. Hal itu karena air kelapa murni mengandung 61 mg kalium dan 1,3 gram gula alami di setiap 200 ml yang Anda konsumsi, sehingga dapat mengatasi dehidrasi dengan lebih baik.

  • Buat kulit jadi lebih elastis

Menurut dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, vitamin C yang terdapat dalam air kelapa juga baik untuk kesehatan kulit manusia. Tubuh membutuhkan asupan vitamin C untuk membuat kolagen.

Kolagen adalah protein yang menjaga elastisitas kulit dan penting untuk penyembuhan luka. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan, sehingga vitamin C juga melindungi kulit kita dari paparan radiasi sinar matahari.

  • Mengembalikan energi yang hilang

Air kelapa juga sudah terbukti mampu mengembalikan kadar gula darah dengan lebih baik. Ini dikarenakan gula dalam air kelapa tergolong alami dan murni sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan kembalinya gula darah, tubuh akan terasa lebih berenergi dan bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

  • Mencegah kanker

Seperti yang disebutkan sebelumnya, air kelapa dapat menangkal radikal bebas yang dipercaya bisa meningkatkan risiko kanker dalam tubuh. Minum air kelapa secara rutin dapat membantu menangkal serangan radikal bebas dalam tubuh.

Tidak hanya menyegarkan, air kelapa terbukti bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk jantung. Minum air kelapa di pagi hari setelah bangun tidur juga sehat untuk dilakukan karena bisa mengganti cairan tubuh yang hilang di malam harinya. Selamat mencoba dan selamat menikmati segarnya air kelapa, ya!