Boeing Akan Hentikan Sementara Produksi Pesawat 737 Max pada Januari

0
149

Boeing akan menghentikan untuk sementara produksi pesawat 737 Max yang bermasalah, pada Januari tahun depan, kata pabrikan pesawat tersebut.

Adapun produksi pesawat jenis lainnya akan terus berlanjut, walaupun model 737 Max dikenai sanksi larangan terbang selama sembilan bulan setelah dua kecelakaan yang mematikan.

Lebih dari 300 orang tewas ketika dua pesawat 737 Max jatuh di Indonesia dan Ethiopia setelah dilaporkan ada masalah dengan sistem kontrol otomatisnya, yang bernama MCAS.

Model 737 diproduksi di Seattle, Washington. Pabrikan pesawar Boeing merupakan salah satu eksportir terbesar Amerika Serikat.

Pekan lalu, Kongres AS diberitahu bahwa Badan Penerbangan Federal AS (FAA) telah mengizinkan pesawat Boeing 737 Max untuk terus terbang setelah kecelakaan pertama pada Oktober tahun lalu, meskipun mereka mengetahui ada risiko terjadinya kembali kecelakaan.

Saham Boeing turun lebih dari 4% pada Senin di tengah adanya spekulasi bahwa maskapai penerbangan akan mengumumkan penundaan produksi pesawat Boeing.

Pabrikan pesawat Boeing mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka memiliki 400 unit pesawat 737 Max di gudang penyimpanan.

Dikatakan pihaknya memiliki rencana untuk memindahkan secara sementara para karyawan yang terkena dampak penundaan produksi 737 ke unit lainnya.