10 Tradisi Makan-makan Unik di Tahun Baru dari Seluruh Dunia

0
56

SELAMAT TAHUN BARU 2020 BUAT SEMUANYA. SEMOGA TAHUN INI KITA BISA MENJADI LEBIH BAIK DARI PADA TAHUN SEBELUMNYA. MASIH 365 HARI YANG MENUNGGU KITA. HAPPY NEW YEAR 2K20 ALL !! 🙂

Selain pesta dan kembang api, merayakan tahun baru tak lengkap tanpa makanan. Menyambut tahun baru juga diikuti dengan sejumlah tradisi kuliner unik di seluruh dunia.

Lewat makanan juga dipanjatkan doa untuk menyongsong tahun yang baru. Misalnya, mi panjang yang berarti harapan panjang umur, kacang polong sebagai simbol koin, dan ikan haring lambang keberlimpahan.

Tradisi kuliner ini memiliki kisah-kisah tersendiri. Namun, umumnya memiliki inti berbagi bersama teman dan keluarga untuk mendapatkan kemakmuran

Berikut 10 tradisi kuliner untuk menyambut tahun baru di seluruh dunia versi CNN.

1. Hoppin’ John, Amerika Selatan
Hoppin’ John merupakan hidangan nasi dengan babi dengan kacang  polong atau kacang hitam yang dinikmati tiap tahun baru di Amerika Selatan.

Kacang merupakan simbol koin sebagai harapan rezeki yang terus mengalir. Sedangkan babi merupakan lambang keberuntungan.

Hoppin’ John juga disajikan dengan sayuran matang yang menyerupai warna uang dan roti jagung yang berwarna emas.

2. 12 Anggur, Spanyol
Orang Spanyol memakan satu buah anggur pada setiap lonceng yang berbunyi di malam pergantian tahun baru.

Kebiasaan ini dimulai pada pergantian abad ke-20 yang konon dimulai oleh produsen anggur lalu menyebar ke seluruh Spanyol.

3. Tamales, Meksiko
Tamales merupakan adonan jagung yang diisi dengan daging dan keju. Makanan ini dibungkus dengan daun pisang atau sekam jagung.

Para perempuan di tiap keluarg di Meksiko akan membuat ratusan tamales berukuran kecil untuk dibagikan dan dinikmati saat tahun baru.

4. Oliebollen, Belanda
Oliebollen merupakan adonan bola-bola seperti donat, yang diberi kismis yang digoreng. Untuk menambah rasa gula bubuk ditambahkan pada gorengan ini.

Makanan ini biasa dijajakan di gerobak jalanan dan dikonsumsi saat malam tahun baru dan perayaan khusus.

5. Babi keberuntungan, Austria dan Jerman
Dua negara tetangga Austria dan Jerman menikmati tahun baru dengan babi keberuntungan.

Kue berbentuk babi-babi kecil itu disajikan dengan anggur merah dan rempah-rempah.

6. Soba, Jepang
Sejak abad ke-17, orang Jepang menyambut tahun baru dengan menikmati soba, salah satu mi khas Jepang. Mi soba melambangkan panjang umur dan kemakmuran.

Selain soba, orang Jepang juga merayakan tahun baru dengan mochi.

7. Cotechino con lenticchie, Italia
Orang Italia merayakan tahun baru dengan menyantap cotechino con lenticchie yaitu hidangan sosis dan sup lentil yang dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Tradisi makan malam ini akan diakhiri dengan bola-bola goreng yang diberi madu dan gula halus.

8. Ikan haring, Skandinavia
Orang Polandia dan Skandinavia memakan ikan haring di tengah malam saat pergantian tahun. Ikan hering dianggap sebagai karunia dan simbol kemakmuran.

Beberapa orang menikmati hering dengan krim, sebagian lain dengan bawang. Salah satu yang populer adalah acar hering yang direndam selama 24 jam.

9. Kransekage, Denmark dan Norwegia
Kransage secara harfiah berarti kue karangan bunga. Kue yang berbentuk seperti donat ini disusun menyerupai menara. Hiasan seperti ornamen dan bendera disematkan agar perayaan tahun baru lebih meriah. Anggur merah juga tersaji sebagai pendamping.

ilustrasi makan bersama

10. Kue raja
King Cake atau kue raja merupakan salah satu makanan yang paling umum saat menyambut tahun baru. Kue ini dinikmati di banyak negara, dengan sebutan dan bentuk yang berbeda-beda.

Orang Yunani misalnya menyebut kue ini dengan Vasilopita. Orang Prancis mengenalnya dengan galette des rois. Sedangkan di Meksiko disebut dengan Rosca de Reyes dan orang Bulgaria dengan banitsa.

Sumber : CNN [dot] COM