Harry dan Meghan: ‘Tidak Ada Pilihan Selain Mundur Dari Kerajaan’

0
631

Pangeran Harry mengatakan dia “mengambil lompatan iman” saat memutuskan untuk mundur sebagai anggota Kerajaan Inggris, tapi dia mengatakan “benar-benar tidak ada pilihan lain”.

Saat menghadiri sebuah acara pada Minggu (19/01) malam, dia mengatakan bahwa dia dan Meghan “tidak akan pergi”.

“Inggris adalah rumah saya dan tempat yang saya cintai, itu tidak akan pernah berubah,” katanya.

Ini adalah pertama kalinya Harry berbicara sejak ia dan istrinya Meghan Markle mengumumkan akan melepas gelar “His/Her Royal Highness” atau “Yang Mulia”.

Awal bulan ini, Pangeran Harry dan Meghan mengatakan mereka bermaksud “untuk mundur sebagai anggota ‘senior’ dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial”.

Saat memulai pidatonya di resepsi penggalangan dana di pusat kota London untuk Sentebale, badan amal yang ia dirikan untuk membantu anak-anak dengan HIV di Afrika selatan, ia berkata: “Saya bisa membayangkan apa yang mungkin Anda dengar dan baca beberapa minggu belakangan.

“Jadi, saya ingin Anda mendengar kebenaran dari saya sebanyak yang bisa saya bagikan, bukan sebagai pangeran atau duke, tetapi sebagai Harry.”

Dalam pidatonya, sang pangeran mengatakan dia akan selalu memiliki “rasa hormat untuk nenek saya, komandan tertinggi saya”.

“Harapan kami adalah terus melayani Ratu, Persemakmuran, dan asosiasi militer saya, tetapi tanpa dana publik. Sayangnya, itu tidak mungkin,” katanya.

“Saya menerima ini, dengan mengetahui bahwa itu tidak mengubah siapa saya atau seberapa berkomitmennya saya.”

Sebagai bagian dari kesepakatan yang dilakukan pada hari Sabtu antara Sang Ratu, bangsawan senior, dan pasangan itu, Harry dan Meghan setuju bahwa mereka tidak akan lagi secara resmi mewakili kerajaan.

Mulai musim semi, mereka akan berhenti menggunakan gelar “Yang Mulia” dan menarik diri dari tugas kerajaan, termasuk pertemuan militer resmi.

Namun, pernyataan oleh Istana Buckingham mengatakan pasangan itu akan terus mempertahankan asosiasi-asosiasi pribadi mereka.

Dalam pidatonya, yang diposting di akun Instagram pasangan itu, sang pangeran mengatakan ketika dia dan Meghan menikah “kami gembira, kami penuh harapan, dan kami di sini untuk melayani”.

“Karena alasan-alasan itu, saya merasa sangat sedih.

“Keputusan yang saya buat untuk saya dan istri saya untuk mundur bukanlah keputusan yang saya buat dengan enteng,” katanya.

“(Keputusan ini diambil) setelah berbulan-bulan pembicaraan, setelah bertahun-tahun menghadapi tantangan, dan saya tahu saya tidak selalu menghadapinya dengan benar, tetapi sejauh ini benar-benar tidak ada pilihan lain.”