Para pengguna di Indonesia dan dunia kesulitan menggunakan iTunes sejak semalam. Mereka jadi tidak bisa menggunakan layanan yang ada di sana.

iTunes adalah media player dari Apple. iTunes Store adalah toko media digital dimana pengguna bisa membeli lagu, video, ebook dan audio book.

Nah sejak semalam, pengguna di Indonesia kesulitan mau mendownload atau melakukan pembelian. Rupanya itu bukan terjadi di Indonesia saja, tapi di banyak negara.

Saat dipantau di situs Downdetector, Sabtu (25/1/2020) terpantau terjadi masalah pada iTunes sejak Jumat malam pukul 21.00 dan mencapai puncaknya pada tengah malam.

70 Persen pengguna mengalami masalah download dan layanan lain. Sekitar 29 persen pengguna tidak bisa login.

Dalam peta terlihat masalah ini terjadi di Amerika, Eropa Barat, Jepang, Taiwan, sebagian India, Kuala Lumpur dan Jakarta.

Atas kejadian ini, App Store mengatakan terjadi glitch yang mempengaruhi sebagian pengguna. Mereka merespons para pengguna yang mencolek Apple Support di Twitter.

“Pengguna mengalami masalah dengan layanan ini. Kami sedang menyelidiki isu ini,” kata Apple. Masalah ini sedang berangsur-angsur dipulihkan.