Beras ternyata memiliki fungsi krusial selain menjadi solusi untuk urusan perut. Hasil akhir dari tanaman padi ini ternyata bisa mengeringkan ponsel pintar yang sempat terendam air.

Sesungguhnya beras memiliki fungsi yang sama dengan silica gel untuk mengeringkan ponsel, meski silica gel lebih ampuh mengeluarkan air dari gadget.

Dilansir dari The Verge, selama beberapa dekade, beras memang lumrah digunakan untuk mengeringkan peralatan film di hutan tropis.

Seorang jurnalis dalam majalah Yankee edisi 1996, Earl Proulx mengatakan apabila Anda ke daerah dengan iklim yang lembab, beras bisa digunakan untuk menggantikan silica gel. Berikut cara mengeringkan ponsel dengan beras.

1. Cabut Baterai.
Dilansir dari Popular Mechanics, Anda terlebih dahulu perlu mencabut baterai ponsel yang terendam untuk mencegah korsleting.

Tahan keinginan Anda untuk menyalakan kembali ponsel untuk melihat apakah ponsel masih berfungsi. Anda juga harus mengeluarkan kartu SIM serta kartu microSD.

2. Keringkan Ponsel
Anda juga disarankan mengeringkan ponsel dengan cepat. Sebab Jika bagian dalam ponsel lembab, maka akan meningkatkan potensi kerusakan komponen ponsel.

Tiup atau sedot air dari dalam ponsel, tapi sebaiknya tak gunakan pengering rambut, karena panas pengering rambut bisa merusak bagian dalam ponsel.

Anda bisa menggunakan kompresor udara atau penghidap debut. Konsepnya adalah untuk mendorong dan menarik uap air.

3. Kubur Ponsel Dengan Beras
Langkah selanjutnya adalah mengubur ponsel dengan baterai semalaman. Pastikan agar ponsel tak langsung terkena sinar matahari.

Meskipun sinar matahari bisa mengeringkan ponsel, panasnya bisa melelehkan komponen dan melelehkan perekat di ponsel.