Sejarah Wikipedia, “Apakah Artikelnya dapat dipercaya ?”

0
54
Sejarah Wikipedia,
Sejarah Wikipedia, "Apakah Artikelnya dapat dipercaya ?"

Pendiri Wikipedia Jimmy Wales mengatakan “Kami lebih terkenal daripada The New York Times, Kami adalah Wikipedia” dalam Acara TED Talk Juli 2015.

Wikipedia adalah sejenis ensiklopedia online yang bisa dikontribusikan oleh siapapun. Misi dari Wikipedia adalah membuat pengetahuan bisa bebas diakses oleh semua orang melalui internet.

Karena hal ini, Wikipedia rentan dengan vandalisme, karena setiap orang bisa menulis dan mengubah halaman di Wikipedia dengan informasi yang salah. Namun, kita bisa sedikit lega.

Meskipun kita tetap harus kritis dengan informasi yang terdapat di Wikipedia, ternyata Wikipedia sudah mengantisipasi vandalisme dengan mengaplikasikan program komputer yang bisa menelusuri semua perubahan yang dibuat dan mengonfirmasi perubahan dengan versi yang benar dari informasi tersebut.

Walaupun populer, kredibilitas artikel-artikel yang diposting Wikipedia diragukan. Massachusetts Institute of Technology (MIT) secara tegas menyebutkan bahwa. Wikipedia bukanlah sumber yang dapat dipercaya meskipun banyak di antara kita menggunakannya untuk mencari informasi cepat. Sebaiknya Wikipedia tidak dijadikan rujukan karya ilmiah.