5 Minuman yang Bikin Tidur Jadi Nyenyak

0
114

 Tidur berkualitas jadi salah satu kunci hidup sehat dan bahagia. Minuman sebelum tidur berkontribusi untuk menciptakan waktu istirahat yang memuaskan.

Tidur yang kurang berkualitas dapat mengganggu proses metabolisme tubuh. Tidur yang tak nyenyak juga membuat tubuh kurang bertenaga dan merasa lelah di hari berikutnya. Mood juga bisa kacau akibat kurang tidur.

Beberapa minuman diketahui dapat merangsang tidur jadi lebih mudah. Berikut mengutip berbagai sumber, minuman sebelum tidur yang akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

1. Susu
Jelang tidur, Anda disarankan untuk minum segelas susu hangat. Mengutip Women and Home, susu mengandung kalsium dan triptofan. Keduanya dapat bekerja sama menciptakan zat melatonin atau senyawa yang bertugas untuk menginduksi tidur.

2. Teh chamomile
Teh chamomile selama ini kerap direkomendasikan untuk mengurangi peradangan, kecemasan, dan insomnia. Teh tanpa kandungan kafein ini memiliki efek menenangkan berkat kandungan antioksidan yang disebut apigenin.

Mengutip Healthline, sebuah studi meneliti efek ekstrak chamomile pada 60 penghuni rumah perawatan. Mereka yang mengonsumsi 400 miligram ekstrak chamomile mengalami tidur yang lebih berkualitas daripada mereka yang tidak mengonsumsi ekstrak chamomile.

3. Susu almond
Jika Anda tidak mengonsumsi produk susu sapi, susu almond bisa dijadikan alternatif. Kacang almond mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Violet oil dalam kacang almond juga biji wijen digunakan dalam pengobatan tradisional Iran untuk mengobati insomnia. Dalam sebuah studi pada 442 orang mahasiswa, mereka yang insomnia turun hingga 8,4 persen setelah makan 10 butir kacang almond setiap hari selama dua minggu.

4. Minuman protein
Minuman protein tak hanya diperuntukkan bagi para atlet, tapi juga siapa pun. Minuman protein dari kedelai umumnya banyak mengandung asam amino triptofan. Triptofan membantu menurunkan kadar hormon kortisol yang memicu stres.

5. Kefir
Kefir terbuat dari susu fermentasi dan kaya akan prebiotik. Kefir akan bekerja pada usus untuk meningkatkan kadar bakteri baik yang membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi. Kefir maupun yogurt membantu meningkatkan kualitas tidur.

Sumber : CNN [dot] COM