Dalam mempersiapkan hadirnya layanan 5G, Telkom melakukan modernisasi jaringan telekomunikasi miliknya dengan menggunakan teknologi berbasis 100% fiber optik di kota dan kabupaten seluruh Indonesia.

Modernisasi jaringan yang Telkom namakan Modern Broadband City ini menjadi landasan penting dalam penyediaan layanan digital, baik digital platform maupun services, yang dapat diakses melalui jaringan fixed broadband maupun seluler berkecepatan tinggi 3G/4G.

Adapun, upaya sekaligus menjadi langkah perusahaan plat merah ini dalam mempersiapkan hadirnya layanan 5G di Indonesia di masa mendatang.

Dengan ketersediaannya infrastruktur digital yang berkualitas dan handal tersebut, diharapkan dapat mengembangkan potensi ekonomi lokal, regional, dan nasional guna mendukung pembangunan ekonomi digital Indonesia. Hingga saat ini, telah terealisasi 215 Modern Broadband City dan 8 Modern Province.

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin mengungkapkan, program modernisasi jaringan ini merupakan salah bentuk komitmen Telkom untuk meningkatkan kualitas layanan ICT bagi masyarakat serta mempercepat terwujudnya digitalisasi Indonesia.

“Pada era digital saat ini, tergelarnya infrastruktur 100% fiber optik tersebut, diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap layanan broadband berkualitas, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan digital yang jauh lebih baik,” ungkap Zulhelfi dalam dikutip dari siaran persnya, Jumat (21/2/2020).

Langkah Telkom dalam memodernisasi jaringan telekomunikasinya diapresiasi oleh para kepala daerah, seperti Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Walikota Mataram Ahyar Abduh, Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra. Meraka mengharapkan konektivitas fiber optik ini dapat mendukung perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Telkom menyebutkan modernisasi jaringan dapat mendukung penerapan ICT yang terintegrasi di lingkungan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kota dan kabupaten, sehingga diklaim semakin efektif dan efisien dalam melayani masyarakat, serta merangsang pertumbuhan pengguna layanan ICT, khususnya internet berkecepatan tinggi guna mendorong geliat ekonomi lokal berbasis digital termasuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Selain itu, dapat memberikan digital experience terbaik bagi pelanggan Telkom Group dan masyarakat pada umumnya, modernisasi jaringan ini akan berlanjut hingga seluruh kota di Indonesia bertranformasi menjadi Broadband City.

Seperti dikatakan Zulhelfi, Telkom berkomitmen terus membangun masyarakat digital Indonesia dan mendukung kemajuan ekonomi digital nasional melalui penyediaan infrastruktur dan konektivitas yang merata bukan hanya di wilayah perkotaan, tetapi juga di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal.