7 Ide Aktivitas untuk Atasi Bosan dan Jenuh di Rumah Karena Wabah Corona

0
809

Di tengah mewabahnya infeksi virus corona, sebagian masyarakat di berbagai wilayah diharuskan untuk work from home dan berdiam diri di rumah. Perasaan bosan, jenuh, dan kesepian mungkin menghinggapi banyak orang, karena harus menahan diri untuk tidak keluar rumah. Anda pun mungkin mencari ide kegiatan untuk membunuh rasa bosan tersebut.

7 Tips menghilangkan rasa bosan, jenuh, dan kesepian saat di rumah

Berdiam di rumah tentunya tak mematikan kreativitas dan gaya hidup sehat kita. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah untuk membunuh bosan dan jenuh, serta tetap  ‘waras’, fit, dan bahagia selama pandemi COVID-19:

1. Karaoke bersama melalui aplikasi video call

Biasanya, kita menggunakan aplikasi video call untuk ‘sekadar’ ngobrol dengan para sahabat, atau meeting virtual dengan kolega di kantor. Namun, secara kreatif di tengah wabah corona, banyak orang yang menggunakan aplikasi video call untuk berkaraoke virtual demi membunuh rasa bosan dan jenuh. Tertarik mencobanya dengan teman-teman Anda?

2. Bernyanyi menggunakan aplikasi khusus karaoke

Aplikasi khusus karaoke masih banyak digunakan orang untuk bernyanyi. Aplikasi ini pun ada yang gratis di-download sehingga kita tak perlu mengeluarkan uang untuk mengatasi rasa bosan. Bernyanyilah untuk membunuh rasa jenuh Anda di saat harus berdiam diri di rumah.

Bernyanyi memberikan manfaat untuk psikologis. Misalnya, dalam studi yang dimuat di The Journal of Royal Society for the Promotion of Health, lebih dari 40% partisipan setuju bahwa bernyanyi memicu mood menjadi positif, membuat bahagia, dan baik untuk jiwa.

3. Buat masker rambut ala do-it-yourself

Alpukat merupakan salah satu buah yang populer untuk rambut karena kandungan minyak alami, biotin, dan asam lemaknya. Apabila sedang mencari ide kegiatan untuk mengusir rasa bosan dan jenuh, Anda bisa mencoba membuat masker rambut yang bernutrisi dengan bahan utama yaitu alpukat.

Berikut bahan salah satu resep masker rambut do-it-yoursellf (DIY) dari alpukat:

  • Satu buah alpukat
  • ¼ cangkir minyak zaitun
  • Satu sendok teh perasan air lemon

Hancurkan alpukat, kemudian campurkan minyak zaitun dan jus lemon. Oleskan campuran tersebut ke rambut basah atau kering dari akar ke ujung. Jangan lupa bilas dengan bersih setelah beberapa saat.

4. Mendengarkan radio

Kapan terakhir kali Anda mendengarkan radio? Kehadiran musik digital, situs video daring, dan layanan musik streaming membuat kita melupakan betapa radio dulu amat berjaya.

Jika bosan dan jenuh karena harus mengurung diri di rumah, kembali mendengarkan radio tentu menarik untuk dicoba. Terlebih saat ini, radio juga bisa langsung kita dengarkan secara online, yang bisa langsung diakses di laptop saat kita bekerja. Jangan lupa untuk mengajukan request dan titip salam, ya.

Sebagai informasi, berbagai stasiun radio tetap beroperasi dengan melakukan siaran dari rumah. Dengan demikian, kita tetap bisa menikmati konten yang menarik.

5. Lakukan push up challenge atau squat challenge

Wabah corona tentu tak menghalangi kita untuk tetap fit dengan berolahraga. Beberapa jenis latihan di rumah yang bisa dilakukan adalah push up dan squat, yang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan postur tubuh. Misalnya, push up membantu menguatkan otot tubuh bagian atas. Sementara itu, squat membantu menguatkan otot inti dan otot tubuh bagian bawah.

Dengan memberikan challenge untuk diri sendiri, Anda bisa menaikkan secara perlahan repetisi dalam melakukan push up atau squat. Pastikan teknik dalam melakukan kedua latihan ini dilakukan dengan benar dan tepat untuk hasil optimal.

6. Bernostalgia dengan lagu lama satu album

Bernostalgia, seperti dengan mendengarkan lagu-lagu lama memiliki efek positif untuk kondisi psikologis. Studi yang dilakukan kelompok peneliti Centre for Research on Self and Identity di University of Southampton menemukan, nostalgia dapat memantik perasaan yang menenangkan, melawan perasaan negatif, bahkan merangsang rasa optimis.

Di saat bosan dan jenuh karena bekerja dan berdiam diri di rumah, kita bisa mendengarkan lagu-lagu yang mengingatkan dengan memori bahagia di masa lalu

7. Membereskan barang ala Marie Kondo

Beberapa waktu silam, teknik menyeleksi dan membereskan ala marie kondo di serial Tidying Up sangat populer. Anda pun bisa membunuh rasa bosan sembari membereskan barang ala Marie Kondo, sehingga bisa memberi ruang di rumah dan kamar Anda.

Misalnya, Anda bisa menyeleksi jenis barang yang bisa membangkitkan sukacita dan yang tidak. Apabila tidak membangkitkan rasa “joy”, Anda bisa menyumbangkannya ke yayasan yang membutuhkan.