Pesan Makanan Lewat Ojek Online Saat Pandemi Virus Corona, Amankah?

0
845

jumlah pasien corona update baru atau COVID-19 semakin bertambah setiap harinya. Pemerintah Indonesia pun mengambil langkah dengan mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap berada di rumah paling tidak selama 14 hari.

Nah, dalam situasi seperti saat ini, tentu banyak dari Anda yang memanfaatkan jasa pesan makanan lewat online. Namun, yang jadi pertanyaan, amankah pesan makanan lewat ojek online saat wabah virus corona?

Pesan makanan lewat ojek online saat wabah virus corona aman dilakukan

Pesan makanan lewat ojek online mungkin sudah menjadi suatu kebiasaan bagi banyak orang. Terlebih saat ini sedang terjadi wabah virus corona, di mana banyak orang memilih berada di rumah dibandingkan harus bepergian.

Meski demikian, di tengah mewabahnya virus corona yang melanda, apakah aman untuk pesan makanan lewat ojek online? Nah jawabannya, adalah aman.

Ya, hingga saat ini, belum ada hasil studi yang menyebutkan bahwa virus corona COVID-19 dapat ditularkan melalui makanan, termasuk makanan yang dimasak secara matang ataupun tidak (misalnya, salad).

Akan tetapi, apabila dalam proses pembuatan dan pengiriman makanan terkena percikan air yang dikeluarkan oleh penderita saat bersin atau batuk, bukan tidak mungkin hal tersebut dapat menular kepada orang yang memakannya. Jika demikian yang terjadi, maka orang yang memakannya dapat tertular virus corona.

Hal ini karena penularan virus corona yang utama berasal dari cairan tubuh seseorang yang terinfeksi, seperti cipratan air yang keluar dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, atau mengeluarkan napas.

Selain itu, peluang hidup virus corona COVID-19 pada permukaan benda, seperti plastik atau kemasan makanan, pun sangat kecil. Akibatnya, kemungkinan risiko penyebaran virus corona yang berasal dari produk atau kemasan makanan yang dikirim lewat ojek online pun tergolong rendah.

Maka dari itu, jika Anda ingin pesan makanan lewat online di tengah pandemi virus corona sebenarnya merupakan hal yang aman dilakukan, daripada harus bepergian keluar rumah.

Tips pesan makanan yang aman lewat ojek online saat pandemi virus corona

Meski pesan makanan lewat ojek online tergolong aman dilakukan, para pemesan makanan via ojek online tetap perlu waspada.

Pasalnya, makanan yang Anda pesan memang mungkin tidak terinfeksi dengan coronavirus, tetapi memakan makanan yang tidak dimasak atau dikirim dengan benar justru dapat berisiko melemahkan sistem kekebalan tubuh orang yang mengonsumsinya.

Terlebih saat situasi seperti ini, di mana banyak kurir ojek online yang melakukan perjalanannya dari restoran menuju satu rumah ke rumah orang lainnya.