Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung Electronic disebut tengah mengerjakan sensor kamera 150MP. Hal ini menyusul sensor kamera 108 MP yang disematkan pada trio ponsel Samsung Galaxy S20 yang meluncur beberapa waktu lalu.

Rumor itu terungkap lewat cuitan akun penggiat gadget @Kuma_Sleepy pada Selasa (17/3) kemarin. Dia mencuitkan sensor 150MP itu dipadukan dengan teknologi Nonacell. Ukuran sensor ini hampir sebesar satu inci.

Akun @Kuma_Sleepy tidak hanya mencuitkan rumor soal Samsung, trio vendor ponsel China yakni Xiaomi, Oppo, dan Vivo meliris sensor kamera baru Samsung itu untuk disematkan di ponsel kelas atas (flagship) mereka.

Mengutip Tech Radar, Xiaomi diyakini bakal jadi vendor ponsel pertama yang menyematkan sensor 150MP pada kuartal keempat 2020.

Selain itu, Oppo dan Vivo dikabarkan akan menggunakan sensor ini diponsel mereka pada 2021. Mereka bakal menggabungkan sensor ini dengan sistem operasi Qualcomm Snapdragon 875, seperti dikutip Sam Mobile.

Sensor ini bakal tetap menggunakan teknologi Nonacell Samsung. Untuk mendapat 150 MP, sembilan piksel akan digabung menjadi satu agar bisa menyerap cahaya lebih maksimal.

Sebelumnya, pada sensor kamera 108MP, Samsung sudah menggunakan teknologi Tetracell. Teknologi Tetracell bakal menyatukan empat piksel terpisah menjadi satu kesatuan piksel.

Keempat piksel terpisah ini masing-masing berfungsi untuk mendeteksi cahaya merah, biru, dan hijau. Data keempat piksel ini kemudian disatukan sehingga tetracell bisa meniru sensor yang lebih besar.

Selain Tetracell, HMX juga didukung dengan teknologi Smart-ISO yang mampu menghasilkan gambar-gambar yang lebih terang. Dengan menggunakan ISO tinggi juga bisa membantu mengurangi noise pada hasil gambar.