6 Aplikasi Belanja Buah dan Sayur Online Kala PSBB Corona

0
570

Pemerintah resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta mulai 10-23 April 2020. PSSB ini diterapkan untuk mengakhiri rantai penyebaran virus corona.

Saat PSBB diberlakukan, warga mesti melakukan aktivitas di rumah saja.  Berarti pembatasan proses bekerja, belajar, atau kegiatan keagamaan dan menggantinya dengan kegiatan di rumah atau tempat tinggal.

Kebijakan ini tentu akan membuat tak leluasa untuk melakukan berbagai kegiatan, salah satunya adalah berbelanja sayur-sayuran dan buah segar.

Kehadiran aplikasi belanja kebutuhan pokok menjadi sebuah pilihan kala PSBB. Berikut enam aplikasi belanja kebutuhan pokok pilihan yang bisa digunakan saat PSBB.

1.GrabFresh

Pengguna aplikasi Grab tentu pernah melihat atau mendengar GrabFresh meski kalah populer dengan GrabBike, GrabCar maupun GrabFood. Fitur GrabFresh ini memiliki peran penting bagi masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok di saat PSBB.

Pengguna bisa membeli sayur dan buah melalui aplikasi ini tanpa harus keluar rumah. Pengguna tinggal memilih hendak berbelanja dari supermarket mana. Layanan ini merupakan kerja sama antara Grab dengan Happy Fresh.

2. Happy Fresh

Pengguna juga bisa mengunduh aplikasi Happy Fresh apabila ingin berbelanja ke supermarket. Serupa dengan GrabFresh, pengguna cukup membuka aplikasi Happy Fresh di ponselnya, memilih supermarket dan barang yang akan dibeli.

Happy Fresh memiliki personal shopper yang terlatih untuk membantu pengguna mendapatkan daging, sayur atau buah yang segar. Personal shopper akan membantu pengguna mencari dan memilah barang-barang yang akan dibeli. Pengguna bisa berbelanja di berbagai supermarket, salah satunya adalah TransMart Carrefour.

3. Brambang

Jika Anda bingung hendak berbelanja di mana, pengguna bisa mengunduh atau membuka Brambang. Berbeda dengan dua aplikasi di atas, Brambang merupakan supermarket online.

Di Brambang, pengguna bisa mengecek harga terbaru dan terbaik untuk setiap produk yang akan dibeli. Pengguna bisa melakukan pembelian baik di situs maupun di aplikasi.

4. Tanihub

Serupa dengan Brambang, Tanihub juga merupakan supermarket online. Platform e-commerce ini  menawarkan para petani lokal dapat menjual hasil panen langsung kepada pembeli.

Pengguna bisa memperoleh harga terjangkau dari produk pertanian lokal. Seiring berjalannya waktu, Tanihub tak hanya menjual hasil alam, namun juga menjual berbagai kebutuhan pokok di platformnya.

5. TukangSayur.co

Aplikasi TukangSayur.co juga bisa menjadi pilihan apabila pengguna tak bisa lagi berbelanja ke pasar tradisional. Pesanan akan langsung diantar dari pasar tradisional pada hari yang sama untuk menjaga kualitas produk.

Pengguna tidak bisa membeli barang lewat situs web di TukangSayur.co. Pembelian hanya tersedia lewat aplikasi di Android maupun iOS saja.

6.Kecipir

Kecipir menjadi supermarket online lainnya yang bisa digunakan pengguna untuk membeli sayur dan buah hingga kebutuhan pokok. Pengguna dapat membeli melalui situs web dan aplikasi.

Model kerja Kecipir cukup unik, ketika Anda memesan produk dan menyelesaikan pembayaran, petani yang produknya dipesan akan memanen produk. Petani kemudian akan melakukan pengemasan dan pengiriman. Oleh karena itu, pengiriman baru dilakukan tiga hari dari pembayaran.

Sumber : CNN [dot] COM