Kreator Komik Gelar Lelang untuk Bantu Toko Buku saat Corona

0
595

Sejumlah kreator komik turun tangan dengan menggelar lelang untuk membantu krisis keuangan toko buku yang terpaksa tutup demi menghindari penyebaran virus corona.

Melalui gerakan #Creators4Comics, para pelaku industri komik itu menggelar lelang di Twitter yang melibatkan 100 kreator mulai Rabu (15/4).

Koordinator lelang ini diisi novelis Gwenda Bond, penulis Teen Titans: Raven; Kami Garcia, penulis Superman dan komik laga Brian Michael Bendis; penulis Harley Quinn, Sam Humphries; serta seniman Phil Jimenez.

Daftar barang lelang terdiri dari komik bertanda tangan hingga hal unik dari milik kreator Kelly Sue DeConnick, Geoff Johns, Scott Snyder, Marko Tamaki, Ryan North, dan lainnya.

Hasil lelang kemudian akan dikumpulkan lewat BINC Fund, pihak yang juga telah menampung donasi dari lelang sketsa penerbit Jim Lee, serta sumbangan perusahaan DC Comics sebesar US$250 ribu.

Mereka kemudian akan menyalurkan bantuan dari lelang kreator komik ini ke toko-toko buku dan gerai independen lainnya.

“Versi cetak adalah jantung dari komik, buku, toko-toko, serta mortir yang membuat cetak tetap hidup. Jadi saya menjangkau kreator atau teman yang peduli untuk ini,” kata Garcia dalam pernyataan yang dikutip The Hollywood Reporter, Selasa (14/4).

Menutup pernyataannya, Garcia berkata, “Dengan antusias, mereka setuju bahwa kami perlu membantu,”

Bond kemudian mengatakan bahwa, “Toko-toko ini telah mendukung kami sepanjang karier kami. Sekarang adalah kesempatan kita untuk mendukung mereka. Toko-toko komik dan toko buku indie adalah jantung dari industri kami dan lingkungan kami.”

Sebagian besar toko buku komik di Amerika Utara memang sedang di ujung tanduk karena perintah pembatasan sosial pemerintah setempat demi mencegah penyebaran Covid-19.

Distributor Diamond Comic sendiri telah menghentikan perilisan materi baru sejak pertengahan Maret untuk periode yang tidak diketahui.

Sumber : CNN [dot] COM