Alat Ventilator Penanganan Pasien Covid-19 Ciptaan Universitas Gunadarma Lulus Uji

0
970

Depok,- Kabar baik penanganan Covid-19 datang dari Kota Depok, Jawa Barat. Tim dari Universitas Gunadarma berhasil mengembangkan alat ventilator yang diberi nama “Robovent” untuk membantu penanganan pasien Covid-19.
Rektor Universitas Gunadarma, Prof Margianti menuturkan, alat tersebut telah berhasil lulus uji Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan RI.

“Alat tersebut telah berhasil lulus uji BPFK Kementeian Kesehatan Republik Indonesia sebagai perangkat Resutitator Emergensi Ventilator pada tanggal 18 Mei 2020,” ujar Prof Margianti di Kampus F8 Gunadarma, Beji, kota Depok, Jumat (22/5/2020).

Prof Margianti menjelaskan, alat ini berfungsi untuk membantu pasien yang menderita gagal nafas akibat Covid-19 pada gejala klinis tahap II, beliau juga berujar, pengembangan Robovent ini bekerja sama dengan PT. Sari Teknologi dan PT. Inti Inovasi Teknologi.

“Saat ini sedang dilakukan uji klinis oleh tim dari Kemenkes untuk memperoleh ijin produksi,” bebernya.

Sementara itu, Kepala BPFK Kementerian Kesehatan RI, Dokter Prastowo Nugroho menuturkan tim dari Rovent ciptaan Universitas Gunadarma telah lulus uji alat ukut yang dimiliki pihaknya.

“Di BPFK itu kami punya alat ukur, yang dimana alat ukurnya itu bisa meggukur semua parameter yang kami inginkan dan memacu pada standar internasional,” katanya di tempat yang sama.

Pratowo juga membenarkan, bahwa Rovent ini tengah menjalani uji klinis di Kementerian Kesehatan.

“Kemarin disepakati uji klinis ini dilakukan terhadap manekin, karena memiliki risiko yang tinggi bila diuji langsung terhadap manusia. Bila uji klinisnya lulus maka bisa diproduksi massal,” pungkasnya.